Minggu, 21 Oktober 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

1.614 ha Lahan Pertanian di Tuban Tergerus Industri

Editor: nugroho
Kamis, 18 April 2013
edy purnomo
TERGERUS : salah satu lokasi lahan pertanian di Tuban yang sekarang ini digunakan untuk industri Semen Indonesia.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

 

Tuban – Sedikitnya 1.600 hektar (ha) lebih lahan pertanian produktif di Kabupaten Tuban, Jawa Timur telah beralih fungsi untuk industri. Kondisi ini dipastikan mengancam keberlangsungan produksi pangan di wilayah Tuban.

Data dari Dinas Pertanian Kabupaten Tuban menyebutkan, total lahan pertanian aktif berupa sawah yang digunakan untuk kepentingan industri selama 18 tahun terhitung sejak tahun 1994 hingga akhir tahun 2004 kemarin seluas 1.614 hektar. Lahan pertanian produktif itu digunakan untuk keperluan industri perusahaan-perusahan besar.

Rinciannya, sekira 1000 lahan pertanian telah dipergunakan PT Semen Gresik (saat ini PT SI) untuk kepentingan penambangan clay atau tanah liat. PT Holcim Indonesia Tbk, seluas 500 hektar untuk kepentingan lahan clay. Serta operator Minyak dan Gas (Migas) Blok Cepu, Mobil Cepu Ltd (MCL) seluas 100 hektar untuk jalur pipa, dan terakhir sekitar 14 hektar lahan digunakan kepentingan eksplorasi dan eksploitasi Migas Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ).

“Itu semua adalah lahan aktif berupa sawah yang telah beralih fungsi untuk kepentingan industri,” ungkap Plt Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Sudarmudji kepada SuaraBanyuurip.com, Kamis (18/4/2013).

Selain lahan pertanian produktif ini, Dinas Pertanian juga mencatat sekira seluas 2500 hektar lahan non produktif juga telah beralih fungsi. Lahan tersebut seperti beberapa lahan diatas batu kapur yang dulunya digunakan warga untuk menanam beberapa tanaman musiman, seperti jagung dan kacang tanah.

“Kita berharap lah mas, setelah ini industri sebisa mungkin untuk beroperasi diwilayah pertanian produktif,” tambahnya.

Akibat alih fungsi lahan, sekarang ini lahan pertanian produktif berupa sawah yang masih tersisa di Tuban hanya seluas 55.507, 230 hektar, dan 75.865 hektar lahan pertanian kering dengan rincian 66.218 hektar berupa tegal, 122 hektar berupa ladang, 102 hektar kebun, serta 273 hektar berupa padang penggembalaan yang saat ini dimanfaatkan warga untuk bertani.(edp)

 

Dibaca : 2142x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan