155 Warga Temulus Nikmati Air Bersih dengan Mudah

Kamis, 01 Agustus 2019, Dibaca : 310 x Editor : nugroho

Ist
SIMBOLIS : Perwakilan SKK Migas, EMCL, pendamping program dan stakeholder potong pita peresmian program air bersih.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Tuban- Warga Dusun Temulus, Desa Sawahan, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, sekarang ini semakin mudah mendapatkan akses bersih untuk kebutuhan sehari-hari.  Operator migas Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) didukung SKK Migas telah memberikan bantuan program penyediaan fasilitas air bersih berbasis pada pengelolaan masyarakat. 

Dalam pelaksanaannya, program penyediaan fasilitas air bersih di jalur pipa minyak Banyu Urip- sebutan lain Temulus-  tersebut didampingi lembaga swadaya masyarakat (LSM) SPeKTRA. Mulai dari pencarian titik sumber, pengeboran, dan pengadaan pompa submersible serta jaringan listrik dan pembangunan tower bak penampung air bersih berikut rumah pompa.

Baca Lainnya :

    Selain itu juga perpipaan hingga sambungan rumah melalui sharing pendanaan untuk menumbuhkan komitment masyarakat dan desa dalam mengelola program penyediaan air bersih secara berkelanjutan. Penyediaan air bersih ini dikelola oleh HIPPAM Tirto Wening.

    Program penyediaan air bersih telah dinikmati 81 kepala keluarga (KK) atau sambungan rumah (SR), dari 155 KK yang ada di Dusun Temulus. Mereka tersebar di RT01, 02, 03 dan 04.

    Baca Lainnya :

      "Sudah separuh lebih warga Dusun Temulus yang menerima manfaat dari program ini," tegas Koordinator Fasilitator Program, Ali Abidin kepada suarabanyuurip.com, Kamis (1/8/2019).

      Program air bersih ini akan dikembangkan secara berkelanjutan. Targetnya dapat menyentuh semua KK yang ada di Dusun Temulus. 

      Diharapkan pengelolaan air bersih ini dapat mewujudkan kelembagaam masyarakat yang kuat, dan berdampak langsung terhadap peningkatan derajat kesehatan dan kualitas sumberdaya manusia.

      "Air bersih ini akan dikelola secara partisipatif, transparan, akuntabel dan berkalnjutan," tegas Ali. 

      Ketua HIPPAM Tirto Wening, Mujiono mengungkapkan, warga di Dusun Temulus telah berkomitmen untuk memasang SR. Pemasangan akan serentak dilakukan setelah mereka panen. 

      "Karena untuk pasang SR tidak gratis. Warga masih menyiapkan finansial untuk biaya pasang SR," sambungnya.

      Sebelumbnya, Perwakilan EMCL, Beta Wicaksono menyampaikan, bantuan yang diberikan ini sebagai bentuk komitmen EMCL untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada masyarakat di wilayah operasinya.
      Program penyediaan fasilitas air bersih berbasis pengelolaan masyarakat ini telah diresmikan dan diserahterimakan, Rabu (31/7/2019). 

      Rangkaian acara serah terima program ditandai dengan pemotongan pita oleh SKK Migas dan pembukaan tirai tower air bersih. Dilanjutkan penanaman pohon sebagai wujud konservasi air bersih di lingkungan sekitar oleh stakeholder terkait.(suko)
       



       







      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more