Minggu, 17 Februari 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

21 Kecamatan di Bojonegoro Rawan Bencana

Editor: nugroho
Selasa, 18 Desember 2012

SuaraBanyuurip.com - Ririn W


Bojonegoro- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mencatat dari 28 kecamatan yang ada, 21 kecamatan rawan bencana, baik puting beliung maupun banjir.

Kepala BPBD Bojonegoro, Kasianto mengatakan, dari 21 kecamatan yang rawan bencana, 16 Kecamatan ditetapkan sebagai daerah rawan puting beliung. Ada 44 desa di 16 Kecamatan yang rawan diterjang angin kencang karena lokasinya berada di perbukitan.

Ke 16 kecamatan itu, lanjut Kasiyanto adalah Kecamatan Kepohbaru, Ngraho, Sukosewu, Margomulyo, Tambakrejo, Ngambon, Dander, Kanor, Temayang, Sumberejo, Purwosari, Malo, Balen, Kapas, Baureno, dan Sekar.

“Daerah itu rata-rata berada di perbukitan terlebih gersang dan tandus karena angin bisa leluasa berhembus dengan kencang tanpa ada penghalang seperti pepohonan,” ujar Kasiyanto menerangkan.

Sementara  untuk daerah yang berpotensi banjir, ungkap Kasiyanto, ada di 15 Kecamatan diantaranya daerah yang berada di kawasan hutan yang gundul. Ke 15 Kecamatan yang rawan banjir bandang yakni Kecamatan Sekar, Bubulan, Temayang, Dander, Gondang, Sukosewu, Kanor, Kepohbaru, Ngraho, Sumberejo, Malo, Padangan, Balen, Kapas, dan Kecamatan Baureno.

“Banjir bandangsering terjadi  karena hutan sekarang ini gundul sehingga air hujan bercampur lumpur dari atas perbukitan turun menerjang sungai yang akhirnya meluber menggenangi sawah dan pemukiman warga disekitarnya,” papar Kasi Trantib Satpol PP Bojonegoro ini.

Kasianto menanmbahkan, saat ini pihaknya menyiapkan sak yang berisi pasir untuk mengantisipasi adanya banjir bandang agar bisa  menahan luberan air jika hujan turun.

Sekedara catatan,selama musim penghujan ini sebanyak  50 rumah warga roboh dan 480 rumah lainnya rusak akibat diterjang puting beliung. (rien)

Dibaca : 1293x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>