Rabu, 24 April 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

5 Desa di Blok Cepu Rencanakan Desain Wisata Pedesaan

Editor: nugroho
Minggu, 31 Maret 2019
didik jatmiko
INOVATIF : Perwakilan dari lima desa di Kecamatan Gayam saat mengikuti lokakarya perencanaan desain wisata pedesaan.

SuaraBanyuurip.com - Didik Jatmiko

Bojonegoro - Desa-desa sekitar Lapangan Minyak Banyu Urip, Blok Cepu, di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, semakin kreatif dan inovatif memaksimalkan potensi yang ada.

Seperti yang dilakukan lima desa di wilayah setempat. Mereka mulai membuat perencanaan desain wisata pedesan. Wisata desa ini nantinya akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Ke delapan desa itu adalah Desa Ringintunggal, Desa Beged, Desa Mojodelik, Desa Brabowan dan Desa Gayam.

Untuk memantapkan rencana tersebut, tim pengelola desa wisata mengikuti Lokakarya Perencanaan Desain Wisata Pedesaan di Gedung Karang Taruna Desa Mojodelik Kecamatan Gayam, Minggu (31/03/2019).

Lokakarya diprakarsai oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Operator Migas Blok Cepu bersama Ademos. Dengan peserta unsur karang taruna, pokdarwis, pemerintah desa dan pengelola BUMDes.

Hadir sebagai narasumber Eko Wihadi, desainer wisata dan pengelola wisata di Blitar Raya. Ia berhasil mengantarkan pariwisata Blitar menembus forum-forum pariwisata tingkat nasional maupun internasional.

Perwakilan Ademos, Arsyad menjelaskan lokakarya ini bertujuan agar masing-masing desa dapat belajar sejak dini tentang bagaimana teknik menggali potensi wisata, dan menyusun rencana pengembangannya.

Perencanaan desain wisata pedesaan ini, lanjut dia, sebelumnya dilakukan oleh lima desa. Masing-masing desa sudah memiliki potensi lokal yang bisa dikembangkan menjadi desa wisata, baik potensi alam maupun potensi industri kreatif.

"Sebelumnya kelima desa ini telah melakukan studi literasi wisata di beberapa desa wisata di Yogyakarta. Forum ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan tersebut," tuturnya.

Public and Government Affairs (PGA) EMCL, Wahyu Sadewo mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, pengembangan desa wisata ini kedepan akan  mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. 

"Akan banyak tumbuh usaha-usaha baru lainnya. Seperti industri kreatif dan makanan khas," tegasnya bersemangat.

Kepala desa Mojodelik, Yuntik Rahayu menyebut di desa telah memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan kedepannya. Yakni Sendang Lego dan Puthuk Kreweng.

"Ini yang akan kami eksplore, tandasnya.(dik)

Dibaca : 488x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>