Sabtu, 23 Maret 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

81 Anggota Panwascam Lamongan Dilantik

Editor: nugroho
Rabu, 06 Maret 2013
totok martono
DISUMPAH : Anggota Panwascam se Kabupaten Lamongan dilantik oleh Ketua Panwaskab, Toni Wijaya, di Pendopo Lokatantra.

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan - Sebanyak 81 orang anggota pengawas pemilihan umum kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Lamongan, Jawa Timur dilantik oleh Ketua Panwaskab, Toni Wijaya, di Pendopo Lokatantra, Rabu (6/3/2013).

Sebelumnya, 81 anggota Panwascam tersebut telah melalui beberapa tahapan seleksi dan ujian. Yakni yang meliputi seleksi administrasi, ujian tulis, ujian kelayakan dan kepatutan. Mereka yang pagi itu dilantik adalah hasil saringan dari  217 orang pendaftar. Setipa tiga tiga Panwascam akan mengawasi satu kecamatan dalam pemilu nanti.

“Pemilu saat ini lebih ditentukan pada upaya pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran. Pemilu bukan lagi dari jumlah pelanggaran yang ditindak,” kata Toni Wijaya.

Karena itu, menurutnya, dalam kegiatan pengawasan pemilu anggota Panwaslu diminta memiliki ketajaman mengamati, kemampuan mengawasi, keahlian memeriksa dan kejelian menilai.

Sementara Sufianto, Ketua Banwaslu Provinsi Jawa Timur, menegaskan, bahwa Panwaslu adalah pejabat negara yang fungsinya melayani hak konstitusional warga sipil se Kabupaten Lamongan. Maka etika-etika pejabat harus dijaga dan harus melayani masyarakat.

“Tugas Panwaslu tidak sekedar melakukan pengawasan juga harus menilai apakah Pemilu sudah sesuai undang-undang. Karena itu disamping harus memiliki kapasitas penguasaan pemahaman tentang undang-undang, Panwaslu juga harus memiliki intregitas yang kuat, “ tegas Sufianto.

Bupati Lamongan, Fadeli di kesempatan itu mengingatkan, agar anggtota Panwaslu yang sekarang ini bisa lebih professional. Sehingga dapat memperkecil terjadinya permasalahan-permasalahan yang dimungkin terjadi.

“Panwaslu memiliki tugas pokok dan fungsi yang cukup berat yaitu bagaimana mengawasi proses demokrasi. Dalam proses Pemilu perlu kerjasama dari semua pihak termasuk KPU dan Panwaslu. Bila proses ini bisa dilakukan dengan baik masyarakat bisa merasakan kenyamaan berdemokras, “ demikian ungkapnya. (tok)

Dibaca : 1901x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>