Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Ada Baju Hijau Pupuk di Tuban Aman

Editor: nugroho
Sabtu, 10 November 2018
Ali Imron
Bupati Tuban memuji kerja keras TNI memerangi mafia pupuk di wilayahnya.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Bupati Tuban, Jawa Timur, Fathul Huda berterimakasih kepada aparat TNI karena telah bekerja keras memantau ketersediaan pupuk. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, jumlah mafia. (penimbun) pupuk di wilayahnya berangsur kurang.

"Pupuk aman karena ada baju hijau," ujar Bupati Fathul Huda, kepada suarabanyuurip.com, usai gerakan panen jagung bersama Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI di Desa Sotang, Kecamatan Tambakboyo, Sabtu (10/11/2018).

Bupati petahana di Bumi Wali ini, menjelaskan, selama ini menjelang musim tanam para petani selalu protes karena disaat pupuk dibutuhkan, justru pasokan menipis. 

Berkat kerja keras TNI pasokan pupuk aman, dan petani Tuban bisa tersenyum. Diharapkan pengawasan dan pendampingan TNI ke petani tak berhenti, supaya produksi pertanian di 20 kecamatan optimal. 

Waaster Kasad, Gatot Setyo Utomo, SS, menambahkan, kalau disuruh tugas di Tuban paling senang karena asli Jatirogo. Sebelumnya sering ke Tuban karena pernah menjabat Danrem Mojokerto. 

TNI dalam hal ini mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) di sektor Padi, Jagung dan Kedelai. Di beberapa wilayah ada demo peternak karena harga jagung terlalu mahal, dan mereka merasa terdholimi. 

"Sudah tiga tahun kami mendampingi pak Dirjen Kementan. Di wilayah NKRI kalau di dampingi TNI mafia pupuk mulai hilang," sambungnya. 

Saat ini mulai mengebut lagi Luas Tambah Tanam (LTT), karena jagung sudah panen dan waktunya tanam padi. Dalam hal ini Dandim harus siap.

Di tahun 2018, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dinobatkan sebagai daerah penghasil jagung tertinggi di tingkat nasional. Capaian tersebut diapresiasi Kementan melalui sebuah penghargaan.

"Penghargaan ini diukur dari musim tanam pada bulan Oktober 2016 sampai dengan September 2017," sambung Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban, Murtadji.

Mantan Camat Bancar ini,  menegaskan, meningkatnya produksi jagung tidak terlepas dari keberhasilan pelaksanaan program peningkatan LTT di Kabupaten Tuban pada tahun 2017. Secara nasional dari target LTT untuk produksi Jagung di Tuban seluas 97.067 Hektar (Ha) dapat terealisasi 119.118 Ha atau 122.7%, dengan produksi mencapai 606.163 ton dan produktifitas sebesar 5.4 ton per Ha.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, Kabupaten Tuban berhasil menjadi produsen jagung tertinggi di Jatim. Sedangkan Jatim sendiri merupakan provinsi tertinggi tingkat nasional dalam peningkatan produksi Jagung.

Areal tanam jagung di Tuban tersebar di seluruh kecamatan. Kendati demikian, ada beberapa kecamatan yang memiliki potensi tanam jagung terbesar diantaranya Kecamatan Montong dengan luas 16.626 Ha, Kecamatan Kerek seluas 17.079 Ha, Kecamatan Grabagan seluas 10.584 Ha dan Kecamatan Semanding seluas 10.502 Ha. (aim)







Dibaca : 597x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan