Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Agendakan Bertemu Kontraktor EPC 5

Editor: nugroho
Minggu, 18 Desember 2011
dwi
Penandatangan kontrak EPC 5, oleh Asep Sulaeman dari MCL, Ali Suharsono dari PT. Rekin dan Tri Widjajanto dari PT. Hutama Karya.

SuaraBanyuurip.com - Ali Mahmudy

Tim Optimasliasi Kandungan Lokal bentukan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah mengagendakan pertemuan dengan Konsorsium PT. Rekayasa Industri (Rekin) – PT. Hutama Karya, pemenang tender proyek engineering procurement and cosntruction (EPC) 5. Direncanakan, pertemuan tersebut dilaksanakan di Surabaya, Selasa dan Rabu (27-28/12) mendatang.

“Pertemuan nanti akan difasilitasi BP. Migas Japalu (Jawa Timur, Papua dan Maluku),” kata Ketua Tim Optimalisasi Kandungan Lokal, Soehadi Moeljono.

Dia menjelaskan, pertemuan di Surabaya itu nanti bertujuan untuk meminta penjelasan project pelaksanaan proyek yang akan dilaksanakan kontraktor EPC 5 di Bojonegoro.

”Sehingga sebagai tuan rumah kita bisa mengetahui pekerjaan apa saja yang akan dilaksanakan nanti,” tegas pria yang juga Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bojonegoro.

Dia berharap, nantinya pertemuan tersebut dapat berlanjut ditingkat daerah dengan menggundang beberapa pihak. Yakni DPR, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Kamar Dagang dan Industri (Kadin), asosiasi kontraktor, pengusaha lokal Bojonegoro dan kepala desa sekitar pengeboran migas Banyuurip – Jambaran, Blok Cepu.

”Ini sebagai bentuk keterbukaan proyek yang akan dilaksanakan (EPC 5) kepada masyarakat lokal Bojonegoro. Sehingga masyarakat lokal nantinya dapat menangkap peluang usaha dari proyek itu,” papar Molejono.

Dia menambahkan, dalam pertemuan lanjutan itu nantinya juga akan sekaligus dilakukan sosialisasi peraturan daerah (Perda) No. 23/2011 tentang percepatan pertumbuhan ekonomi daerah dalam kegiatan eksplorasi dan ekploitasi serta pengolahan migas. Juga, Peraturan Bupati (Perbu) No. 48/2011 tentang optimalisasi kandungan lokal dalam kegiatan industri migas.

Untuk memastikan pertemuan ini, Filed Public and Government Affairs Manager MCL, Rexy Mawardijaya, masih sedang upaya dimintai konfirmasi. Sesuai pesan pendek yang dikirim ke Suara Banyuurip, dia membenarkan adanya agenda pertemuan di Surabya dengan tim kandungan lokal, BP. Migas, MCL dan kontraktor pemenang EPC 5.

Seperti diketahui, pekerjaan dalam kontrak EPC 5 adalah merancang dan membangun fasilitas infrastruktur yang diperlukan guna mendukung pengoperasian fasilitas proses produksi (production processing facilitis/PPF). Dalam kontrak ini mencakup beberapa pekerjaan yakni pembangunan jalan raya permanen, jalan layang lintas rel keretapi di Desa Ngraho, Kecamatan Kalitidu.

Selain itu, pembangunan kompleks perumahan, gedung administrasi dan gedung penyimpanan yang diperlukan untuk kegiatan operasi, fasilitas pengambilan dan penyaluran air Sungai Bengawan Solo melalui jalur pipa, serta waduk penampungan. Pekerjaan proyek EPC 5 ini akan berpusat di Bojonegoro.

Dibaca : 2459x
FB
Ada 1 komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Minggu, 07 Oktober 2012 14:17
seharusnya pihak pemrintah hrus membantu konten lokal
irul al faqir
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan