Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Ajari Warga Menjadi Perajin Akik

Editor: nugraha
Senin, 27 Juli 2015
SuaraBanyuurip.com/Sam
BUKA USAHA : Warga sedang membuat batu akik dengan alat yang sediakan Noer Kholis.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro – Demam batu akik, tampaknya, belum surut hingga saat ini. Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, masyarakat masih banyak memburu batu akik.

Kondisi ini menjadi peluang tersendiri bagi perajin akik. Salah satunya, Noer Kholis, warga Desa Kalitidu, Kecamatan Kalitidu. Dia membuka usaha tersebut untuk memberikan pekerjaan kepada warga sekitar.

"Baru hari ini saya lakukan. Sebelumnya hanya memberikan kesempatan warga berlatih membuat akik secara gratis dengan peralatan yang tak sediakan," kata Noer Kholis kepada suarabanyuurip.com, Minggu (26/7/2015).

Setelah banyak warga yang ahli, Noer Kholis kemudian membelikan peralatan kusus untuk memanfaatkan keahliannya membuka jasa membuat akik. "Alhamdulillah, meski baru buka sudah ada warga yang menyuruh bikinkan. Upahnya rilatif, rata-rata lebih dari Rp20.000 per akik," ujarnya.

Dalam pembuatan akik ini dirinya menyiapkan lima jenis peralatan. Yakni pemotong batu akik, penggrabahan awal, perata, penghalus, dan satu alatnya lagi persediaan umum untuk berlatih membuat akik tanpa bayar.SuataBanyuurip.com/Sam

"Masih saya sediakan satu alat untuk umum, gratis tanpa tak pungut biaya. Ini untuk warga yang berminat berlatih membuat akik," pungkasnya.

Upaya Noer Kholis memberi peluang kerja ini mendapat apreasisai warga setempat. Sebab, sebelumnya warga tidak bisa cara membuat akik, namun dengan alat gratis tersebut mereka menjadi terampil.

"Dengan kahlihan ini saya bisa mencari tambahan pemasukan untuk kebutuhan keluarga," sambung Handoyo warga setempat yang ikut membuat akik di timurnya palang pintu perlintasan kereta api Kalitidu. (sam)

Dibaca : 587x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan