Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

AJI Kota se-Jatim Gelar Aksi Solidaritas

Editor: samian
Minggu, 20 Desember 2015
SuaraBanyuurip.com/Athok
GELAR : Puluhan Jurnalis yang tergabung di AJI menggelar aksi solidaritas damai di Alun-alun Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota se-Jawa Timur menggelar aksi solidaritas. Aksi solidaritas damai digelar di Alun-alun Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (20/13/2015) sekitar pukul 14.00 dan diikuti sekira 30 jurnalis.

"AJI menilai, kasus-kasus di atas bisa saja menimpa para jurnalis lain," ujar Khorij Asrori, Koordinator aksi damai.

Menurut Khorij, untuk menyelesaikan berbagai persoalan di atas, para jurnalis harus berserikat. Karena dengan berserikat, para jurnalis yang mendapat kesewenang-wenangan pihak perusahaan bisa memperjuangkan hak-haknya.

"Jalan satu-satunya supaya jurnalis tidak mendapatkan kesewenang-wenangan dari perusahaan medianya adalah membentuk serikat pekerja," ungkapnya.

Ada tiga poin pernyataan sikap yang telah disepakati AJI adalah, pertama Menolak pelemahan terhadap serikat pekerja oleh pihak perusahaan media. Ke-dua Menolak intimidasi pihak perusahaan media kepada jurnalis. Ketiga Meminta perusahaan supaya tidak melanggar undang-undang 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan undang-undang 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja.

Ke-empat Mengimbau kepada para jurnalis yang mengalami PHK sepihak supaya melapor ke dinas tenaga kerja. Kelima Mendorong pengawas dinas tenaga kerja di masing-masing kabupaten/kota memantau upah jurnalis secara rutin.

Ke-enam Mendesak perusahaan mematuhi UU Ketenagakerjaan, UU BPJS, dan UU Serikat Pekerja. Kemudian yang ke-tujuh Mendesak kementerian tenaga kerja mengaudit kepatuhan atas pelaksanaan ketiga UU itu.‎ (Roz).

Dibaca : 483x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan