Selasa, 13 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Akan Bangun Jargas Rumah Tangga di Bojonegoro

Editor: nugroho
Kamis, 20 November 2014

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - PT Pertamina Gas (Pertagas) akan membangun 4000 jaringan gas (Jargas) rumah tangga di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada 2015. Hal ini sesuai permintaan Bupati Bojonegoro, Suyoto yang disampaikan pada 2012 silam.

Kepala Bagian Sumber Daya Alam dan Energi Dinas ESDM Bojonegoro, Sutanto, mengatakan, ada 6 kelurahan yang akan dipasang jaringan gas rumah tangga diantaranya Klangon, Kadipaten, Sumbang, Mojokampung, Mojokerto, dan Kepatihan.

“Pemilihan enam kelurahan tersebut sesuai kriteria yang diberikan Pertagas, salah satunya tingkat pemahaman masyarakat,” kata dia, menjelaskan.

Sementara itu, konsultan dari PT Bennata Jasindo, Abdullah Ade, mengatakan, saat ini pihaknya tengah mensosialisasikan pemasangan jaringan gas rumah tangga bagi yang berminat.

“Karena pemasangan ini tidak dipaksakan," sambung Abdullah.

Dia menjelaskan, jaringan gas ini nantinya diambilkan dari gas alam rute Gresik-Semarang (Gresem) dengan lokasi taping point berada di Kecamatan Kapas. Namun begitu, awal tahun akan dilakukan lelang proyek terlebih dahulu untuk menentukan operatornya.

Abdullah menyatakan, anggaran untuk pemasangan jaringan gas ini akan ditanggung oleh pemerintah pusat sesuai program prioritas dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla. Diharapkan masyarakat Indonesia akan berkembang menjadi city gas.

“Nantinya pemasangan jaringan gas ini akan berlangsung lama, mulai pembebasan lahan, ijin UKL-UPL, sampai dengan ijin prinsip lokasi pemasangan pipa,” tukasnya.

Untuk diketahui, Pertagas akan membangun pipa gas Gresik - Semarang (Gresem) sepanjang 271 kilo meter (KM). Proyek ini untuk menjamin pasokan gas di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Proyek ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong konservasi bahan bakar minyak (BBM) ke gas.

Proyek gas Gresem ini memiliki kapasitas 500 milion standar cubic feet per day (MMSCFD). Pelaksaan proyek akan dikerjakan oleh Konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) - PT Remaja Bangun Kencana Kontraktor - PT Kelsri dengan jangka waktu 18 bulan, dan on stream pada kuartal pertama tahun 2016.

Pipanisasi gas Gresem akan melewati empat kabupaten/kota di Jawa Tengah, dan tiga kabupaten di Jawa Timur. Pipanisasi dimulai dari metering Station Gresik Pertagas dan berakhir di Tambak Lorok. Pembangunan ruas pipa baru ini menelan biaya USS515,7 juta.(rien)

Dibaca : 1256x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan