Rabu, 18 Juli 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Dugaan Mark Up Pengadaan Lahan RSUD Temayang

Akhir Bulan Tak Dikembalikan Lanjut Proses Hukum

Editor: nugroho
Rabu, 11 Juli 2018
ririn wedia
Kepala BPKAD Bojonegoro, Ibnoe Soeyoeti.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Pengembalian kerugian negara akibat dugaan mark up pembebasan lahan rumah sakit umum daerah (RSUD) Tipe D sebesar Rp1,46 miliar di Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, selambat-lambatnya 60 hari sejak diterbitkannya laporan hasil pemeriksaan (LHP) audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 28 Mei 2018 lalu. 

"Kalau dihitung 60 hari sejak diterbitkannya LHP itu, wajib mengembalikan akhir bulan ini atau 28 Juli," tegas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bojonegoro, Ibnu Soeyoeti, saat ditemui dikantornya, Rabu (11/7/2018). 

Dari total potensi kerugian Rp1,46 Miliar tersebut, baru Rp400 juta yang dikembalikan ke kas daerah. Sementara sisanya sebesar Rp1 miliar lebih hingga sekarang belum ada yang dibayarkan sama sekali. 

"Kalau sampai batas waktu yang ditentukan belum ada pengembalian ya prosesnya berlanjut kepada penyidik," tandasnya. 

Ditanya siapa saja yang mengembalikan uang Rp400 juta itu, Ibnu tidak mau menjawab. 

Menurut mantan Camat Gondang itu, penyidik yang berhak melanjutkan proses pengembalian kerugian negara. Baik itu kepolisian, kejaksaan negeri, atau komisi pemberantasan korupsi (KPK).

"Ya tinggal menunggu, apakah ada pengembalian atau tidak. Kalau sudah dikembalikan sesuai batas waktu ya tidak akan berlanjut ke ranah hukum," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dugaan mark up ini berdasarkan hasil audit BPK yang menemukan adanya potensi kerugian negara Rp1,46 miliar, dari pengadaan lahan untuk RSUD Tipe D seluas 2,35 hektar (Ha). Pengadaan lahan tersebut dianggarkan dari APBD Bojonegoro 2017 sebesar Rp13 miliar.

Sebelumnya, Kabag Hukum Pemkab Bojonegoro, Faisol, menyebut jika dugaan mark up pengadaan lahan tersebut telah menguntungkan beberapa orang.(rien)

Dibaca : 6909x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan