Rabu, 20 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Akses Masuk Kilang TPPI Disegel Warga

Editor: nugroho
Selasa, 13 Maret 2018
12
ali imron
SAMPAIKAN TUNTUTAN : Perwakilan warga dari tiga desa berorasi di depan pintu masuk kilang minyak TPPI Tuban.
SuaraBanyuurip.com
Warga bentangkan banner berisi tuntutan

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban- Akses masuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kilang Minyak PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kabupaten Tuban, Jawa Timur mulai pukul 06:30 WIB hari Selasa (13/3/2018) disegel warga desa ring 1 setempat. 

Warga datang ke lokasi dari Desa Remen, Tasikharjo, dan Desa  Purworejo, Kecamatan Jenu. Mereka menuntut manajemen memprioritaskan warga lokal sebagai tenaga kerja. 

"Prioritas warga lokal harga mati," ujar salah satu orator asal Purworejo, Aris, kepada suarabanyuurip.com, saat melakukan penyegelan di Get VIII TPPI.

Aris menjelaskan, semua pelamar dari ring 1 Tasikharjo, Remen, dan Purworejo yang telah mengajukan pendaftaran dan telah mengirim lamaran ke pihak TPPI. Berkas tersebut telah memenuhi kriteria seleksi administratif, harusnya disertakan untuk mengikuti serangkaian tes. 

Orator lainnya asal Desa Remen, Rusdiyono, meminta TPPI harus siap memberikan jumlah kuota pasti bagi ring Tasikharjo, Remen, dan Purworejo dengan prosentase 70% dari jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. 

Disambung orator asal Tasikharjo, Habiburrohman, menambahkan, proses seleksi (tes tulis, praktik) khusus bagi ring 1 harus memiliki tim koreksi dari desa setempat sebagai perwakilan pengawas,  dan dikoreksi langsung setelah tes berlangsung serta hasil bisa langsung dipublikasikan. 

"Hal ini demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga transparansi," jelasnya. 

Orator terakhir asal Desa Remen, Abdul Rokhim, meminta proses seleksi tes tulis dan praktik khusus ring 1 harus dilaksanakan di desa setempat. Beberapa point tersebut berlaku untuk proses rekrutmen tenaga kerja bagi ring Tasikharjo, Remen, dan Purworejo sebagai tahap lanjutan. 

Akibat penyegalan massa, puluhan SDM yang masuk pagi di Kilang TPPI harus menunggu di luar pintu gerbang sampai dibuka. Keamanan internal TPPI, bersama TNI/Polri mengamankan massa di depan pintu Get VIII. 

Pantauan di lokasi, massa membawa mobil pick up bernopol S- 8745 HG dilengkapi sound sistem menghadang pintu gerbang. Selain itu, massa menempel pamflet berisi tuntutan di akses masuk SDM.  Hingga berita ini ditulis, manajemen Kilang TPPI belum bisa dikonfirmasi. (aim)

Dibaca : 5029x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan