Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Anggarkan Rp487 Juta Bangun Pasar Burung

Editor: samian
Rabu, 26 Agustus 2015
SuaraBanyuurip.com/Edy
PASAR : Pecinta burung di Tuban akan punya pasar sendiri di area pasar hewan

SuaraBanyuurip.com -  Edy Purnomo

Suarabanyuurip.com – Pemerintahh Kabupaten Tuban, Jawa -Timur, berencana membuat pasar burung satu area dengan Pasar Hewan Tuban (PHT), tepatnya di Jalan Hos Cokroaminoto, Tuban.

Selama ini, pecinta burung berkicau memang belum mempunyai pasar sendiri. Mereka masih jadi satu dengan membuka lapak di sebelah selatan Pasar Baru Tuban. Pembangunan pasar burung ini direncakan mulai akhir tahun ini.

“Sekarang tengah proses pembangunan dan penataan lokasi untuk relokasi pedagang burung disana, ” terang Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Farid Achmadi, ketika dihubungi suarabanyuurip.com melalui ponselnya, Rabu (26/08/2015).

Dikatakan, pembangunan dilakukan dengan membuat sedikitnya 70 lapak pedagang. Lapak pedagang ini akan dipergunakan untuk menjual burung, pakan burung, sangkar, dan aksesoris lain yang memang berkaitan dengan aktivitas para pedagang.

“Pemkab telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan pasar burung sebesar 487 juta rupiah,” jelas Farid.

Relokasi pedagang burung dekat dengan pasar sapi, menurut Farid, sudah melalui beragam pertimbangan. Salah satu pertimbangan adalah efisiensi penggunaan infrastruktur, karena pedagang sapi hanya mempergunakan tempat itu pada hari minggu saja, sementara masih ada 6 hari yang kosong dan bisa dimanfaatkan.

Pun demikian, mesti jadi satu dengan pasar sapi, tetapi masih akan ada pembatas dan pintu masuk yang lain kusus untuk pedagang burung ini. Pertimbangan lain dari Pemkab Tuban, adalah mudahnya melakukan kontrol dengan jadi satu di UPT Kehewanan.

“Sudah melalui berbagai pertimbangan Mas, termasuk mengenai kebersihan, kesehatan, dan kontrol dari UPT Hewan,” tandas Farid. (edp)

 

Dibaca : 740x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan