Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

APBD Bojonegoro 2019 Lebih Besar Pasak daripada Tiang

Editor: nugroho
Kamis, 08 November 2018
ririn wedia
DITETAPKAN : Wakil Bupati, Budi Irawanto tandatangani KUA-PPAS ABPD Bojonegoro 2019.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Lebih besar pasak daripada tiang. Begitulah gambaran struktur APBD Bojonegoro, Jawa Timur, tahun 2019.

Berdasarkan penetapan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas, Plafon Anggaran Sementara (KUA - PPAS), belanja daerah lebih besar ketimbang APBD Bojonegoro 2019.

APBD Bojonegoro sebesar Rp4,6 triliun, sedangkan belanja daerah mencapai Rp4,7 triliun. Belanja daerah ini meningkat dari pembahasan awal.

"Dari hasil pembahasan, awal penetapan APBD 2019 adalah Rp3,6 triliun, tapi kemudian ada kenaikan menjadi Rp4,6 triliun," kata Anggota Banggar dari Fraksi PDI Perjuangan, Donny Bayu Setiawan saat pembacaan nota pengantar pada rapat Paripurna Penandatangan Nota Kesepakatan Tentang APBD tahun 2019 di Ruang Paripurna DPRD Bojonegoro, Rabu (7/11/2018).  

APBD Bojonegoro Rp4,6 triliun berasal dari sisi pendapatan dengan rinciannya pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp482 miliar, dana perimbangan sebesar Rp3 triliun lebih, pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp834 miliar lebih. 

Sedangkan dari sisi belanja daerah sebesar Rp4,7 triliun lebih. Sehingga terjadi devisit sebesar Rp162 miliar lebih yang akan dipenuhi dari pembiayaan. 

"Kondisi keuangan yang naik signifikan ini, perlu adanya program prioritas pembangunan," imbuhnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati, Budi Irawanto, menyampaikan, agar tidak terjadi keterlambatan dalam penetapan Perda APBD tahun 2019, pihaknya memerintahkan Tim Anggaran Pemkab Bojonegoro untuk segera menyusun R-APBD 2019 mengacu Permendagri No 38/2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2019 dan bisa segera dikirimkan DPRD setempat. 

"Saya sampaikan terima kasih atas atensi dan mohon maaf jika ada salah dalam penyampaian," pungkas Wawan, sapaan akrabnya.(rien)

 

Dibaca : 581x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan