Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

APBD Tuban 2019 Disepakati Rp2,4 Triliun

Editor: samian
Kamis, 08 November 2018
Ali Imron
TEKEN : Bupati Tuban tandatangani besaran APBD 2019 sebesar Rp2,4 Triliun.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, bersama DPRD telah menyepakati besaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tuban tahun 2019 sebesar Rp2,4 triliun. Angka tersebut tak jauh beda dengan besaran APBD tahun 2017 lalu.

“Jumlahnya sama persis,” ujar Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, kepada suarabanyuurip.com, setelah rapat paripurna penyampaian laporan Banggar, PA Fraksi2, dan persetujuan bersama tentang RPABD 2019, Kamis (8/11/2018).

Politisi asal Kecamatan Rengel ini, menjelaskan, dari jumlah tersebut 40% masih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur. Fokus berikutnya pendidikan, kesehatan dan bidang lainnya.

Sebelumnya, Wabup menjelaskan jika APBD 2019 diproyeksikan sebesar Rp2,1 Triliun. Dibandingkan dengan APBD 2018 hampir Rp2,4 Triliun ada penyusutan dana sebesar Rp190-an Miliar.

Faktornya karena pendanaan APBN masih dinamis. Kendati demikian, kondisi semacam ini belum final dan dimungkinkan masih ada tambahan-tambahan lagi. Baik Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU) juga belum pasti, apakah hanya itu atau ditambah oleh pusat.

"Yang jelas pengaruh pada DAK fisik, khususnya program dari kementerian yang dilaksanakan oleh Pemkab," terang Wabup dua periode di Bumi Wali.

Adapun program yang didanai APBD Tuban, semua berjalan sesuai rencana. Seperti proyek Ring Road yang disiapkan anggaran Rp70 Miliar. Awalnya memang diharapkan ada sharing dengan pusat, tetapi belakangan penggunaan APBN juga semakin ketat.

Penyusutan APBD tersebut juga dialami semua Kabupaten/Kota di seluruh Tanah Air, keculi daerah terluar dan terpinggir Indonesia. Sesuai Nawacita Jokowi, memperkuat NKRI melalui daerah pinggiran dan terluar.

Ketua DPRD Tuban, Miyadi, menambahkan, semua fraksi DPRD setuju dengan besaran APBD 2019. Diharapkan program kerja di tahun depan lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat 1,3 juta jiwa.

“Semua setuju dan APBD 2019 didok Rp2,4 triliun,” pungkasnya. (Aim)

Dibaca : 559x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan