Sabtu, 18 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Banyak Hotel di Cepu Tak Laporkan WNA

Editor: samian
Kamis, 17 Desember 2015

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Warga Negara Asing (WNA) yang singgah di Kota Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, belum sepenuhnya dapat diawasi. Hal itu lebih disebabkan kerjasama dari pihak pemilik penginapan disinyalir masih enggan melaporkan keberadaan WNA tersebut kepada petugas di kecamatan.

Kepala Satpol PP Kecamatan Cepu, Dahlan Rosidi, menuturkan, pengawasan terhadap keberadaan WNA tersebut sudah berjalan beberapa bulan.

"Kurang lebih sudah berjalan 6 bulan. Itu merupakan kebijakan dari Kesbangpol Kabupaten Blora," katanya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk melakukan pengawasan keberadaan mereka. "Pihak hotel sudah bekerja sama dengan kami dan selalu memberikan laporan kepada kami," jelasnya.

Terkait dengan jumlah WNA yang dilaporkan, pihaknya tidak bisa menjelaskan. Karena jumlahnya tidak tetap melainkan selalu berubah.

"Bisa setiap hari ataupun seminggu sekali mengalami perubahan jumlah," ujar Dahlan.

Namun, dari banyaknya hotel yang berdiri di Cepu dan ditempati WNA, menurutnya, tidak semua hotel tersebut memberikan laporan.

"Padahal banyak WNA menginap di Hotel, dan rata-rata mereka masih enggan melaporkan kepada petugas kecamatan," jelasnya.

Saat disinggung kenapa dari Satpol PP tidak datang ke lokasi untuk melakukan pendataan, pihaknya mengaku tidak punya wewenang untuk melakukan pendataan langsung dilokasi.

"Itu dibawah kewenangan Kesbangpol. Kalau memang ada intruksi, kami akan menjalankannya," kata Dahlan.

Untuk itu pihaknya menghimbau, bagi hotel yang ditempati oleh WNA supaya rutin malakukan laporan.

"Untuk hotel harus rutin melakukan laporan perkembangan warga asing yang menginap. Untuk memudahkan pengawasan," pungkasnya. (Ams)

Dibaca : 855x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan