Rabu, 26 Juni 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Bapenda Bojonegoro Seret Oknum Perangkat Desa ke Ranah Hukum

Editor: samian
Rabu, 09 Januari 2019
Ririn Wedia
Kepala Bapenda Bojonegoro, Herry Sudjarwo.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, akhirnya melaporkan dugaan kasus penggelapan dana dari Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB P2) yang dilakukan oknum perangkat desa sejak tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017 ke Kejaksaan Negeri setempat.

"Yang kami laporkan ini penggelapan oleh oknum perangkat desa di lima desa di Kecamatan Kapas," kata Kepala Bapenda Bojonegoro, Herry Sudjarwo, kepada Suarabanyuurip.com saat ditemui di kantornya, Selasa (8/1/2019).

Total dana PBB P2 yang digelapkan selama empat tahun itu adalah sebesar Rp402 juta. Selama ini, masih memberi toleransi agar yang bersangkutan bisa membayarkannya. Akan tetapi, semakin lama dibiarkan malah menjadi contoh buruk bagi desa yang lain.

Hanya saja, Herry tidak menyebutkan nama-nama oknum perangkat desa yang di seret keranah hukum tersebut.

"Kasus ini, saya bawa ke ranah hukum agar membuat jera para oknum perangkat desa yang menggunakan uang pajak," tegas pria berkacamata minus.

Tahun 2019, target pendapatan PBB P2 di Bojonegoro adalah sebesar Rp33 miliar, naik dari pendapatan di tahun 2018 sebesar Rp25,9 miliar. Meski tahun lalu, realisasi pajak melebihi target namun jumlah tersebut belum menggambarkan potensi yang sesungguhnya.

"Karena masih banyak lahan yang tidak diketahui keberadaan pemiliknya sehingga masih ada pajak yang tidak dibayarkan," tukas Herry.

Menurutnya, tahun ini Bapenda akan meningkatkan pendapatan pajak dengan melakukan verifikasi ulang pemilik tanah dan bangunan yang ada di seluruh wilayah Bojonegoro.

"Tanah dan bangunan yang tidak diketahui pemiliknya dan mangkir dari pembayaran PBB P2 yang terbanyak ada di Kecamatan Gayam" pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Bojonegoro, I Gede Sriada, belum memberikan konfirmasinya terkait hal ini. Pesan pendek yang dilayangkam suarabanyuurip.com belum ada balasan.(rien)

Dibaca : 1229x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan