Senin, 25 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Batik Jnegoro Jadi Pakaian Resmi Konferensi Anak Indonesia

Editor: nugroho
Sabtu, 04 Oktober 2014
dok/sbu
PRODUKSI BATIK JNEGORO : Batik Jnegoro akan menjadi pakaian resmi Konferensi anak Indonesia di Jakarta.

SuaraBanyuurip.com - D Suko Nugroho

Bojonegoro - Pakaian batik bermotif kekayaan alam dan budaya Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, secara resmi dipakai oleh 36 delegasi Konferensi Anak Indonesia pada akhir Bulan Oktober 2014 mendatang di Jakarta. Konferensi yang disertai dengan deklarasi karya dari delegasi yang masih duduk di kelas 4 - 6 Sekolah Dasar (SD) itu mengusung tema Aksi Kecil Hidup Bersih.

Panitia konferensi telah memesan kepada Rumah batik Jnegoro untuk menyediakan kebutuhan pakaian yang akan dipakai oleh para delegasi. Heru Sugiharto, salah satu tim penggagas mengatakan pemakaian batik Jnegoro di konferensi merupakan salah satu pelestarian budaya daerah yang dimiliki Bojonegoro.

"Ini semua berkat peran aktif berbagai pihak, " katanya.

Pria yang menjabat Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kapas ini mengaku, batik Jnegoro mampu mengundang rasa kagum berbagai kalangan. Hal itu cukup beralasan, karena batik Jnegoro tidak hanya memiliki nilai artistik yang sangat tinggi, tapi juga memuat filosofi yang kuat akan identitas kekayaan alam dan budaya Bojonegoro.

"Cukup banyak corak batik Jnegoro yang sangat menakjubkan karena diambil dari kekayaan alam dan kesenian yang merupakan peninggalan sejarah Kadipaten Bojonegoro, sehingga mampu memberikan nilai khas tersendiri, " ujar Heru, mengungkapkan.

Karenanya, keberadaan batik Jnegoro membuat pihak panitia konferensi tertarik untuk mewajibkan delegasi kegiataanya memakai pakaian batik Jnegoro. Disinggung target di konferensi anak, Heru Sugiharto menegaskan, hanya sebagai wujud kecintaan akan batik Jnegoro.

"Apa yang telah kami lakukan adalah layaknya seperti Pemkab Bojonegoro telah menetapkan batik Jnegoro menjadi pakaian dinas bagi para pegawai negeri sipil (PNS) pada hari kerja, itu saja dan semoga batik Jnegoro semakin dikenal, " imbuhnya.

Diketahui motif batik Jnegoro itu diantaranya jagung, tembakau, minyak, sapi, wayang tengul, jati, padi dan kayangan api.

Dikonfirmasi terpisah Bupati Bojonegoro, Suyoto mengatakan, suatu kebanggaan adanya batik Jnegoro dipakai delegasi di Konferensi Anak Indonesia. "Sangat membantu dalam upaya melestarikan budaya, karena itu, ke depan diharapkan motif batik Jnegoro dapat lebih digali dan dikembangkan lagi. Batik Jnegoro telah menggambarkan identitas budaya kita, " sambung Suyoto.(suko)

Dibaca : 1459x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan