Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Batu Akik Jadi Gaya Hidup Kaum Adam

Editor: nugroho
Senin, 05 Januari 2015
edy purnomo
BATU AKIK : Kaum adam di Kabupaten Tuban mulai minati batu akik sebagai gaya hidup.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Batu akik, atau batu mulia mulai menjadi primadona baru bagi masyarakat Tuban, Jawa Timur. Bahkan batu akik telah menjadi bisnis yang menguntungkan karena banyak diminati kaum adam sejak setahun terakhir ini.

Salah satunya adalah Herwanto (35), seorang warga asal Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding. Pria yang awalnya hanya sekedar suka mengkoleksi batu akik, sekarang berubah menjadi pengrajin dan pengasah batu akik.

Di kalangan pecinta batu akik, Herwanto terkenal sebagai pengrajin batu mulia dari fosil batang jati.

“Awalnya saya hanya suka mengkoleksi, tetapi kemudian saya mencoba menjadi pengrajin batu akik,” kata Herwanto, Senin (5/1/2014).

Dia mengatakan, keinginannya beralih menjadi seoarang pengrajin melihat permintaan konsumen yang cukup banyak. Sekarang omset yang dia dapat dari menjadi pengrajin mencapai jutaan rupiah dalam satu bulan.

Satu batu akik, lanjut Herwato, dipatok seharga antara Rp200 ribu sampai satu juta rupiah. Harga itu tergantung kerumitan dan motif dari batu akik ini.

“Harganya variatif ada yang dari 200 ribu sampai satu juta rupiah tergantung motifnya,” kata Herwanto.

“Kalau untuk pengasahan tarifnya bisa sampai 20 ribu sampai 25 ribu rupiah sekali asah,” lanjut pria gondrong ini menjelaskan.

Imam (26), salah satu pecinta batu akik asal Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, mengungkapkan, meski akik kerap dihubungkan dengan hal mistis, tetapi dia memaknai batu akik dari keindahan tekstur dan motif semata.

“Kalau saya tidak mengaitkan dengan hal mistis, tetapi karena memang suka dengan motif kalau dipasang di cincin,” sambung Imam.(edp)

Dibaca : 1403x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan