Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Bawaslu : Panwaslu Dilantik Akhir Januari

Editor: nugroho
Selasa, 13 Januari 2015
totok martono
AUDENSI : Anggota Bawaslu Jatim sedang beraudensi dengan Bupati Lamongan, Fadeli.

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan-Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur (Jatim), Andreas Pardede menyebutkan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kota sudah akan dilantik di akhir Januari 2015. Peryataan tersebut disampaikannya saat beraudiensi dengan Bupati Lamongan, Fadeli di Ruang Kerja Bupati, Selasa (13/1/2015).

Dikatakan Andreas, Bawaslu sudah merampungkan tes tulis dalam rangka persiapan pembentukan Panwaslu di 16 kabupaten/kota Jatim yang akan mengadakan pemilihan kepala daerah pada Desember 2015.

“Tujuan kami kesini untuk melakukan sosialisasi kepada 16 kabupaten/kota di Jatim yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah pada Desember nanti. Salah satu persiapan terkait itu adalah pembentukan Panwaslu kabupaten dan kota," kata Andreas Pardede.

Pembentukan Panwaslu baru, menurut Andreas, karena Panwaslu sebelumnya tugasnya hanya pada pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden. 

“Juga akan ada konsekwensi terkait penganggaran yang menjadi ranah pemerintah daerah. Terutama persoalan pengawas pemilu yang sebelumnya hanya sampai tingkat desa, nanti aka nada sampai dengan tingkat TPS," imbuh dia.

Bupati Fadeli menyebut, adanya penambahan anggaran tersebut tentu saja menjadi keniscayaan bagi pemerintah daerah. Namun dia meminta ada gudence dari Bawaslu terkait pemilihan kepala daerah 2015.

Hal itu, kata Fadeli, terutama dengan begitu banyaknya wacana yang berseliweran di media massa terkait tahapan pemilihan kepala daerah. Meskipun saat ini sudah ada payung hukum berupa Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2014.

“Terkait proses pembentukan Panwaslu, saya serahkan sepenuhnya kepada Bawaslu,“ kata Fadeli.(tok)

Dibaca : 502x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan