Selasa, 25 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Bebaskan Biaya IMB untuk Proyek J-TB

Editor: samian
Senin, 05 Maret 2018
Ririn Wedia
Kabid Pelayanan, Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Mujianto.

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, membebaskan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk proyek "gas processing facility" (GPF), khususnya "temporary office and permanent facilities di Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB) yang di operatori Pertamina EP Cepu (PEPC).

"Iya, kami membebaskan retribusi izin ini sesuai aturan yang ada," kata Kabid Pelayanan, Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Mujianto, kepada Suarabanyuurip.com, Senin (5/3/2018).

Aturan tersebut yaitu Perda No 16 Tahun 2011 tentang Retribusi Izin Tertentu. Didalam Pasal 4 menyebutkan, objek retribusi IMB adalah kegiatan Pemda dalam rangka pembinaan melalui pemberian izin untuk biaya pengendalian penyelenggaraan yang meliputi pengecekan, pengukuran lokasi, pemetaan dan pemeriksaan.

Kemudian, tidak termasuk objek retribusi adalah pemberian izin untuk bangunan milik pemerintah, pemerintah provinsi atau pemerintah daerah.

"Termasuk kegiatan di J-TB ini adalah bangunan milik pemerintah," imbuhnya.

Meski demikian, Mujianto tidak menyangkal, apabila  dikenakan retribusi maka pembangunan di Lapangan Gas J-TB akan menambah pendapatan daerah. Seperti pada Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, yang dulu dikenakan retribusi baik HO maupun IMB.

"Aturan ini juga dukungan Pemkab berupa insentif investasi di Bojonegoro," pungkasnya.(rien)

Dibaca : 413x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan