Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Bentuk Dirpam Ovit di Bojonegoro

Editor: admin
Sabtu, 25 Juni 2011
1
Dwi
Dirpam Ovit

SuaraBanyuurip.com - D Suko Nugroho

 

Ganguan keamanaan obyek vital nasional, khususnya daerah tambang migas, menjadi perhatian serius Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim). Karena itulah Polda Jatim merencanakan membentuk Direktur Pengamanan Obyek vital (Dirpam Ovit) di masing-masing Polres jajarannya. Hal ini untuk meningkatkan pengamanan dan penjagaan obyek-obyek vital nasional yang ada di tiap kabupaten.

“Dalam waktu dekat ini ditiap Polres akan dibentuk Dirpam Ovit, termasuk di sini (Polres Bojonegoro),” kata Perwakilan Dirpam Ovit Polda Jatim, AKBP. Tri Widarto disela-sela menghadiri sosialisasi pemboran sumur Sukowati Pad A oleh Joint Operating Body Pertamina – Petrochina East Java (JOBP-PEJ) di Griya Dhrama Kusuma, akhir Mei lalu.

Dia menjelaskan, landasan dibentuknya Dirpam Ovit ini diantaranya adalah Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 36 tahun 2010 tentang pengamanan obyek vital nasional, Surat Keputusan Kapolri Skep/738/X/2005 tertanggal 13 Oktober 2005, dan memorandum of Understand (MoU) antara kepolisian dengan BP.Migas dan para kontraktor kerja sama (K3S) beberapa waktu lalu.

“Tujuannya adalah untuk mengamankan dan menjaga obyek-obyek vital milik nasional agar tidak terganggu aktifitasnya,” tegas Widarto. “Karena itu, Dirpam ovit ini nanti bisa terdiri dari Shabra, Samapta dan serse atau satuan yang ada di tiap-tiap Polres,” lanjutnya.

Sementara itu, Perwakilan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Jawa Timur, Papua dan Maluku (BP. Migas Japalu), Rusmandhani menambahkan, kerjasama yang dibangun antara pemerintah, K3S dengan Polri/TNI ini untuk menekan ganguang keamanaan obeyek nasional yang kerap terjadi didaerah tambang migas.

“Kalau didarat kita menggandeng Polri. Tapi kalau kegiatan di laut kita menggandeng Angkatan Laut (AL),” sambungnya. 

 

Dibaca : 1629x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan