Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Beras Organik Petani Blok Cepu Masuk Hotel di Malang

Editor: samian
Selasa, 31 Oktober 2017
12
d suko nugroho
MAKIN DIMINATI PASAR : KPA Makmur Sejahtera melakukan pengiriman beras perdana ke Hotel Moerah YMI Malang.
SuaraBanyuurip.com
pengiriman beras perdana ke Hotel Moerah YMI

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Beras hasil pertanian organik produksi petani di wilayah Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ring satu Lapangan Minyak, Banyuurip, Blok Cepu, semakin banyak diminati pasar lokal maupun regional. Setelah masuk toko moderen milik Koperasi Karyawan Redreying Bojonegoro (KAREB), beras organik itu sekarang masuk Hotel Roemah YWI di Malang, Jatim.

"Hari ini pengiriman beras perdana ke sana," kata Ketua II Koperasi Pengembangan Agrobisnis (KPA) Makmur Sejahtera Bersama Desa Katur, Kecamatan Gayam, Fatkhur Rohman kepada suarabanyuurip.com di sela-sela persiapan pengiriman beras di kantor koperasi, Selasa (31/10/2017).

KPA Makmur Sejahtera Bersama adalah koperasi binaan Operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), melalui program pengembangan mata pencaharian masyarakat. Koperasi ini menampung hasil pertanian organik 256 petani di wilayah Gayam, dan dua desa di Kecamatan Kalitidu yakni Sumengko dan Talok, yang menjadi anggotanya.   

Jumlah pengiriman beras perdana yang dikirim KPA Makmur Sejahetera Bersama ke Hotel Moerah YWI sebanyak 1 ton dengan jenis non mentik wangi. Harga per kilogramnya Rp9.900.00 jika diambil sendiri di koperasi, dan Rp10.000/kg bila diantarkan.

"Karena ini pengiriman perdana, perwakilan hotel datang mengambil sendiri ke sini," ucap Fatkhur.

Sesuai perjanjian, setiap satu bulan KPA Makmur Sejahtera Bersama akan mengirimkan satu ton beras ke Hotel Moerah YWI. Jumlah ini dimungkinkan akan bertambah karena untuk kebutuhan beras karyawan Hotel Moerah juga akan dipasok oleh KPA Makmur Sejahtera.

"Sementara ini jumlah segitu. Mudah-mudahan kedepan bisa bertambah," ujar Fatkhur. 

Beras organik produksi petani anggota KPA Makmur Sejahtera Bersama ini memiliki banyak keunggulan dibanding beras-beras pada umumnya. Salah satunya penanamnya menggunakan pupuk organik yang diproduksi sendiri oleh anggota.

"Ini merupakan beras sehat. Karena kita tidak memakai pupuk kimia mulai dari tanam, hingga proses penggilingan," tegas Fatkhur.

Ada beberapa jenis padi yang ditanam petani anggota KPA Makmur Sejahtera Bersama. Yakni mentik wangi, dan non mentik wangi seperti cierang yang semuanya ditanam tanpa memakai pupuk kimia. Beras Mentik Wangi ini merupakan satu-satunya di Bojonegoro. Beras ini memiliki aroma harum. 

Untuk harga beras jenis mentik wangi per kilogramnya Rp10.000 jika diambil sendiri di koperasi, dan Rp11.000 jika diantarkan. Selain melayani Hotel Moerah YWI, KPA Makmur Sejahtera Bersama sejak 2016 lalu hingga sekarang ini juga melayani kebutuhan pasar modern KAREB Bojonegoro sebanyak  1,5 ton.

"Kita juga melayani kebutuhan pasar lokal di sini, dan karyawan EMCL," ungkap Fatkhur.

Menurut dia, pengiriman beras ke Hotel Moerah YWI ini dipastikan tidak akan menganggu kebutuhan pasar lokal, termasuk pasokan ke pasar moderen milik KAREB. Karena jumlah produksi dari anggota KPA Makmur Sejahtera Bersama setiap kali panen mencapai 420 ton lebih dengan total lahan pertanian yang dikerjasamakan seluas 60 hektar.

"Kita terus berupaya mencari pasar untuk memasarkannya. Dengan begitu diharapkan kedepan bisa berkembang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, anggota dan lembaga," pungkas Fatkhur.

Sementara itu, Bagian Prosesing Hotel Moerah YWI, Toni Hariadi mengakui jika kwalitas beras organik produksi KPA Makmur Sejahtera Bersama lebih bagus dibanding beras di pasaran. Yakni selain berasnya tidak patah-patah, juga rasanya lebih enak sehingga sangat tepat untuk disajikan kepada tamu hotel.

"Berasnya tidak lembek dan kaku. Dimakan dingin juga tetap enak," tuturnya saat mengambil beras di KPA Makmur Sejahtera.

Disamping itu, tambah Toni, harga beras organik KPA Makmur Sejahtera Bersama lebih murah dibanding harga beras di Pasar Besar Malang yang selama ini dibelunya. Di sana harganya mencapai Rp11.100 per kilogramnya, dengan kualitas sama.

"Karena itu pak direktur telah menyarankan ke depan agar beras untuk karyawan hotel juga diambilkan dari sini juga," pungkasnya.(suko)

Dibaca : 146x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan