Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Berharap Nikmati PI Blok Tuban Lebih Awal

Editor: samian
Selasa, 14 November 2017
Ali Imron
Sekda Tuban, Budi Wiyana.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, kini sedang bersiap terlibat dalam penyertaan modal/Participating Interest (PI) Blok Tuban bersama Kabupaten Bojonegoro dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Diharapkan hasil penyertaan modal tersebut, sudah bisa dinikmati di tahun pertama atau lebih awal.

"Itu target kami tahun pertama harus sudah dapat hasilnya," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana, kepada suarabanyuurip.com, Selasa (14/11/2017).

Sekalipun kabar awal Tuban bakal dipinjami modal dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) pemenang lelang Blok Tuban, tapi Pemkab bakal berhati-hati. Sikap tersebut juga berlaku, apabila pemkab sinergi dengan pihak ketiga soal pendanaan PI.

Dalam waktu dekat, Budi juga bakal belajar atau studi banding ke kabupaten/kota yang berhasil mengelola PI dengan baik. Selain itu, juga belajar dari kabupaten yang belum bisa menikmati hasil PI sampai sekarang.

"Karena Tuban baru pertama terlibat PI jadi harus belajar dan jangan ceroboh," imbuhnya.

Mantan kepala Bappeda Tuban ini juga bakal mencermati setiap klausul dalam perjanjian pinjaman modal. Jangan sampai daerah tidak mendapatkan untung, sebagaimana dialami oleh kabupaten tetangga. 

Sebagai pihak yang ditunjuk terlibat PI Blok Tuban, Direktur BUMD Perusahaan Daerah Aneka Tambang (PDAT), Cucuk Dwi Sukwanto, mengaku, terus berkoordinasi dengan Pemprov Jatim. Hasil terakhir, KKKS bakal meminjami daerah yang terlibat PI.

"Sekarang terus koordinasi dan belum ada pembagian final," sergahnya.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Tuban belum memiliki persiapan khusus menjelang berakhirnya kontrak Blok Tuban yang sekarang dikelola Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ). Pendanaan PI hanya memiliki dua opsi, dipinjami KKKS atau bersinergi dengan pihak ketiga.(Aim)

Dibaca : 97x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan