Berharap Perpustakaan di Alun-alun Bojongoro Difungsikan

Jum'at, 31 Mei 2019, Dibaca : 342 x Editor : nugroho

ririn wedia
TINGKATKAN SDM : Pembangunan perpustakaan mini di Alun-alun Bojonegoro telah selsai tahun lalu, tapi belum difungsikan.


SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia 

Bojonegoro - Perpustakaan mini bantuan program CSR dari operator migas Banyu Urip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), di Alun-alun Bojonegoro, Jawa Timur, hingga kini belum dimanfaatkan. 

Padahal pembangunannya telah selasai akhir tahun 2018 lalu. Namun belum ada tanda-tanda peresmian serah terima.

Baca Lainnya :

    Sejumlah pengunjung Alun-alun Bojonegoro menyambut baik keberadaan perpustakaan tersebut. Menurut mereka lokasinya tepat. Ditengah taman dikelilingi pepohonan rindang.

    "Jika ini difungsikan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi alun-alun. Selain bisa refeshing, warga juga bisa menambah wawasan," ujar Kurniawan (30), salah satu pengunjung alun-alun kepada suarabanyuurip.com, Jumat (31/5/2019).

    Baca Lainnya :

      Menurut dia, keberadaan perpusatakaan tersebut dapat meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya kaum muda yang selama ini banyak datang ke alun-alun.

      "Sayang sekali kalau dibiarkan mangkrak," imbuhnya.  

      Senada disampaikan Novianti, pengunjung lainnya. Dia berharap agar perpustakaan tersebut segera difungsikan sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

      "Lokasinya strategis, di pusat kota. Apalagi setiap minggu pungunjung alun-alun banyak, jadi bisa bermanfaat," sambung pelajar salah satu SMA itu.

      Menanggapi itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bojonegoro, Kamidin mengaku jika sampai saat ini belum ada pembahasan terkait pemanfaatan perpustakaan tersebut.  

      "Belum ada pembahasan soal perpustakaan di alun-alun, mungkin setelah lebaran ya," ujarnya. 

      Terpisah, Juru Bicara dan Humas EMCL, Rexy Mawardijaya mengatakan sedang berkoordinasi dengan Pemkab Bojonegoro terkait pemanfaatan perpustakaan di alun-alun. 

      "Masih kita koordinasikan,"  imbuhnya.

      Untuk diketahui, perpustakaan mini tersebut merupakan ide dari mantan Bupati Bojonegoro, Suyoto yang direalisasikan oleh EMCL. Tujuannya menciptakan ruang publik bisa mendukung peningkatan sumber daya manusia khususnya anak usia sekolah. 

      Bangunan tersebut dikerjakan oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya, dan selesai pada pertengahan Maret 2018. Namun hingga sekarang belum ada serah terima dari EMCL kepada Pemkab setempat.(rien)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more