Kamis, 13 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Berharap Saluran Irigasi Waduk Nglambangan Direnovasi

Editor: nugroho
Rabu, 10 Oktober 2018
Samian Sasongko
RUSAK : Saluran irigasi waduk Nglambangan yang berada di Desa Dolokgede ini rusak parah dan belum mendapat perhatian.
TERKAIT:

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko 

Bojonegoro - Kerusakan saluran irigasi waduk Nglambangan yang melintasi Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sejak empat tahun silam rusak parah, dan belum mendapatkan renovasi secara maksimal.

Padahal kerusakan saluran air sepanjang sekira dua kilometer ini sudah pernah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Dolokgede untuk segera direnovasi.

"Sudah pernah kami laporkan dan langsung disurvei oleh dinas pengairan. Tapi sampai saat ini belum ada tanda akan diperbaiki," kata Kepala Desa Dolokgede, Nunuk Sri Rahayu, kepada Suarabanyuurip.com, Rabu (10/10/2018).

Kades ring satu proyek Unitisasi Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB) ini berharap, dibawah kendali kepemimpinan Bupati Anna Muawanah dan Wakilnya Budi Irawanto, segera menginstruksikan kepada dinas yang menanganinya untuk merenovasi sebelum musim hujan tiba.

"Semoga saja dibawah kepemimpinan yang baru yaitu Bu Anna dan Mas Wawan, saluran air yang rusak ini segera diperbaiki," ujar Kades ramah ini.

Di jelaskan, jika saluran air tersebut tidak segera diperbaiki maka dampaknya cukup bahaya bagi warga saat turun hujan. Utamanya satu titik yang paling ujung. Karena akan membuat tanah longsor. Selain itu air juga akan meluber ke rumah warga disekitar saluran air. Sebab air tidak bisa mengalir lancar akibat tersumbat oleh sampah dan bekas pecahan bangunan saluran.

"Itu untuk dampak negatifnya. Untuk positifnya jika sudah dibangun bagus lagi lahan pertanian disekitarnya mudah mendapatkan air. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian dari hasil pertanian," tandasnya.

Terpisah Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dolokgede, Muhammad Ali, mengungkapkan, bahwa Dinas Pengairan dan Pekerjaan Umum (DPU)  Sumber Daya Air (SDA) Bojonegoro, saat menggelar acara kegiatan pembinaan gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) dan peningkatan pemahaman Peraturan Daerah (Perrbup) No 18 Tahun 2012 tentang pemberdayaan petani pemakai air di Balai Desa Dolokgede, pada hari Kamis (12/72018) lalu bendungan irigasi Nglambangan pada tahun 2018 ini sudah diserahkan ke Pemkab Bojonegoro.

"Waktu itu perwakilan dari Dinas PU PDA Pak Edy Susanto menyampaikan tahun ini Pemkab Bojonegoro sudah bisa merenovasinya. Semoga saja itu terwujud tidak hanya sekadar janji belaka,” sambung pria yang juga ketua kelompok ternak Ustan Mandiri.(sam)

Dibaca : 400x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>