Rabu, 12 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Berkat Stimulan EMCL, KSP Rajekwesi Berkembang Pesat

Editor: samian
Rabu, 28 Februari 2018
Ririn Wedia
FOTO BERSAMA : Jajaran KSP Rajekwesi bersama Muspika Gayam sedang foto bersama usai RAT.

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Geliat ekonomi di Kecamatan Gayam semakin terlihat dengan perkembangan berbagai usaha yang dijalani masyarakat. Diantaranya ditunjukkan dengan berkembangnya koperasi yang dikelola dan dinikmati oleh masyarakat setempat, yaitu Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rajekwesi.

“Sejak didirikan tiga tahun lalu, kini omset koperasi meningkat hingga 12 kali lipat,” ucap Ketua 1 KSP Rajekwesi, Prayitno, Rabu (28/2/2018).

Prayitno menjelaskan, meski kondisi perekonomian secara keselurahan sedang lesu, namun jalannya koperasi terus mengalami peningkatan. Hari ini saja dalam Rapat Akhir Tahun anggota, tercatat total dana yang bergulir hingga 12 miliar rupiah.

KSP Rajekwesi kata dia, merupakan bagian dari Program Peningkatan Mata Pencaharian Masyarakat berbasis potensi lokal dari operator minyak dan gas bumi (Migas) Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Koperasi adalah bagian dari peningkatan akses terhadap permodalan.

Selain KSP Rajekwesi, juga ada Koperasi Produsen Agribisnis (KPA) Makmur Sejahtera Bersama yang memfasilitasi pengembangan distribusi usaha masyarakat seperti pertanian dan peternakan.

Pada mulanya, KSP Rajekwesi diberi dana stimulan oleh EMCL sebesar Rp 1 miliar. “Kini total aset kami sudah mencapai Rp5,1 miliar,” ungkapnya.

Koperasi ini telah memiliki lebih dari 600 anggota dari 14 desa di Kecamatan Gayam dan Kalitidu. Pada mulanya, koperasi beranggotakan 16 Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) binaan EMCL. Belakangan ditambah dengan 8 asosiasi dari Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro yang juga binaan EMCL.

“Karena perputaran dananya positif, maka koperasi mengembangkan keanggotaan di luar 24 kelompok itu tadi,” ujar Prayitno menambahkan.

Sekretaris Kecamatan Gayam, Ngadenan yang hadir dalam RAT ini mengapresiasi perkembangan koperasi. Bagi dia, tren positif ini bermanfaat untuk pengembangan ekonomi kerakyatan di wilayahnya.

“Ini harus terus kita pertahankan,” ucapnya dalam sambutannya.

Sementara itu, perwakilan EMCL Rifqi Romadhon menegaskan, bahwa dukungan EMCL kepada masyarakat ini merupakan wujud komitmen industri hulu migas dalam mewujudkan peningkatan taraf hidup masyarakat di sekitar wilayah operasi Lapangan Banyu Urip. Dia mengapresiasi keberhasilan pengelola KSP Rajekwesi dalam menjaga keberlanjutan program.

“Ini yang kita harapkan dari sebuah program,” ucapnya.

Rifqi menjelaskan, bahwa dukungan EMCL kepada masyarakat hanya dorongan dalam membangun kemandirian ekonomi masyarakat. Dia juga mengatakan, semua program EMCL tidak menggantikan peran Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah agar setiap upaya yang dilakukan bisa terus bersinergi dan mencapai hasil yang optimal,” pungkasnya.

Selain dihadiri oleh EMCL, Sekcam Gayam, dan pengurus koperasi, acara RAT KSP Rajekwesi juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bojonegoro. Kapolsek Gayam, para Kepala Desa, dan perwakilan KSM.(rien)

 

 

Dibaca : 507x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>