Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Bermodal Jenglot Palsu, Pecatan TNI Tipu Ratusan Juta

Editor: nugroho
Rabu, 24 Oktober 2012
edy Purnomo
TUNJUKAN BARANG BUKTI : Pelaku (bercadar) didampingi petugas kepolisian menunjukkan barang bukti yang berhasil diamankan.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

 

Tuban -  Bermodalkan boneka jenglot, Pardi Riyanto (61), seorang pecatan anggota TNI tahun 1983, berhasil memperdaya Abdul Gofur, salah satu pengusaha asal Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu (24/10/2012). Akibat penipuan itu, warga Desa Sobontoro, Kecamatan Tambakboyo, ini kehilangan  uang sekitar Rp. 300 juta.

Data dari Polres Tuban menyebutkan, penipuan ini bermula ketika korban dikenalkan pelaku oleh Sukahir, anak buahnya. Saat bertemu Sukahir, warga Desa Musuk, Kecamatan Sambirojo, Sragen, Jawa Tengah, itu mengaku mempunyai jenglot yang bisa mengembalikan uang yang sudah ditabung di Bank. Merasa tertarik, Sukahir pun mengenalkan pelaku kepada korban yang tak lain majikannya.

Pertemuan pun berlangsung. Korban yang sudah mendengar dan percaya cerita anak buahnya menemui pelaku di Hotel Purnama Tuban sambil membawa uang sebesar Rp. 300 juta. Korban berharap dengan membawa uang sebanyak itu pelaku bisa mengembalikan uangnnya yang sudah ditabung.

Untuk meyakinkan korban, pelaku yang saat itu ditemani dua rekannya melakukan ritual pengembalian uang. Saat melihat korban sudah mulai terperdaya, uang asli milik korban kemudian diganti dengan tiga bendel guntingan kertas yang disisi luarnya dikasih uang asli dengan pecahan seratus ribu. Saat itulah, uang asli milik korban sebanyak Rp. 300 juta  dibawa kabur dua rekan pelaku.

Korban baru sadar uang yang akan disetorkan sudah diganti dengan tumpukan kertas saat berada di Bank Mandiri.  Tapi untungnya, Abdul Gofur saat itu berkeras mengajak pelaku, sehingga Pardi langsung ditangkap petugas jaga yang ada di Bank kemudian dilaporkan ke polisi.

Dari tangan pelaku Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 3 bendel kertas yang sisi pinggirnya sudah dikasih uang ratusan ribu, 1 buah jenglot palsu, minyak wangi dan beberapa peralatan lain.

"Saat ini kita masih melakukan pengejaran terhadap dua pelaku yang membawa kabur uang Rp. 300 juta milik korban," ujar Kaur Bin Ops Polres Tuban, Iptu Simon Triyono. (edp/suko)

 

Dibaca : 1648x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan