Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pasca Kebocoran Gas Blok Tuban

BLH Hentikan Pemboran Migas Sukowati

Editor: nugraha
Selasa, 14 Januari 2014

SuaraBanyuurip.com - Suko Nugroho

Bojonegoro - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bojonegoro, Jawa Timur menghentikan well test Sumur 29 Pad B Lapangan Sukowati, Blok Tuban di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, yang di operatori Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ).

Penghentian itu dilakukan setelah kegiatan well test pada Senin (13/1/2014) kemarin, memunculkan bau menyengat menyerupai telur busuk dan mengakibatkan belasan warga Ngampel mual dan muntah-muntah. Ditengarai bau itu merupakan gas dari well test di Sumur 29 Pad B.

"Kemarin malam saya langsung meminta JOB P-PEJ untuk menghentikan aktifitasnya di Pad B," kata Kepala BLH Bojonegoro, Tedjo Sukmono kepada suarabanyuurip.com di sela-sela mengikuti adventure motor Trail bersama Bupati Bojonegoro Suyoto di Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Selasa (14/1/2014).

Dia menerangkan, penghentian sementara itu untuk menghindari terulangnya insiden tersebut. Selain itu juga untuk melakukan uji kandungan udara guna mengetahui ada tidaknya gas beracun.

"Besuk kita bersama Tim akan sidak ke sana untuk memastikan insiden itu," tegas Tedjo.

Karena itu dia menyatakan, belum bisa memastikan apakah bau yang dicium warga dan sempat membuat mereka pusing dan mual itu dikarenakan adanya gas beracun dari pemboran atau masalah lain.

"Untuk memastikannya perlu dilakukan uji laborat dan memeriksa alat-alat dektonator yang terpasang apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak," tandas mantan Staf Ahli Bupati Bojonegoro itu.

Meski demikian, BLH telah meminta JOBP-PEJ untuk bertanggungjawab atas insiden tersebut. Yakni dengan memberikan pengobatan kepada warga yang mual dan pusing.(suko)

Dibaca : 702x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan