Kamis, 21 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Anak Sungai Bengawan Solo Tercemar

BLH Sebut Bukan dari Sumur Minyak Tua

Editor: nugroho
Jum'at, 12 Desember 2014

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, tidak  bisa menjelaskan secara detail hasil laboratorium dari sample yang diambil di sumur minyak tua di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan.

Sebelumnya warga telah melaporkan jika telah terjadi pencemaran lingkungan akibat aktifitas penambangan sumur minyak tua yang mencemari sungai di perbatasan antara Desa Batokan, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro dengan Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“Tanya ke kantor saja Mbak hasilnya,” kata Kepala BLH Bojonegoro, Tedjo Sukmono kepada suarabanyuurip.com ketika dimintai konfirmasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Laboratorium dan Pengkajian Lingkungan BLH Bojonegoro, Heri Susanto, saat ditemui di ruangan kantor BLH, Jumat (12/12/2014), nampak bingung saat ditanya penyebab dan dampak pencemaran dari hasil laboratorium yang sudah keluar.

“Intinya pencemaran yang terjadi di Sungai Bengawan Solo bukan berasal dari minyak mentah di sumur tua,” sergahnya.

Dia mengungkapkan, dari hasil laboratorium BOD dan COD melebihi baku mutu. Namun, tidak dapat menjelaskan secara rinci apa BOD dan COD tersebut serta dampak terhadap lingkungan.

“Dampaknya apa ya, pokoknya tidak terlalu membahayakan,” ujar Heri Sus sambil membaca buku tebal yang berisi pengertian COD dan BOD seperti yang tertera dalam hasil laboratorium.

Heri Sus juga membantah jika ada pencemaran lingkungan akibat aktifitas penambangan sumur tua yang mencemari sungai di perbatasan Bojonegoro dan Jawa Tengah tersebut. Alasannya, jarak antara lokasi sumur tua dengan anak sungai sejauh 25 kilo meter (Km).

"Jadi ya tidak mungkin sampai mengaliri sungai Bengawan Solo. Di sana kan ada bak penampungnya,” pungkasnya. (rien)

Dibaca : 677x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan