Jum'at, 22 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Blora Penghasil Sapi Potong Terbesar di Jateng

Editor: samian
Minggu, 20 September 2015

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Kabupaten Blora menjadi daerah penghasil Sapi potong terbesar di Jawa Tengah (Jateng). Tak heran jika lalulintas perdagangan Sapi pun semakin ramai bersamaan dengan datangnya hari raya Idul Adha.

Untuk menjamin kualitas tetap bagus, pemeriksaan kesehatan Sapi di Blora terus dilakukan oleh Dinas Peternakan setempat, dan hasilnya selama ini belum menemukan kasus Sapi potong yang berpenyakit.

Kabid Dinas pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan (Dintanbunakikan) Blora, Kenang, mengatakan, banyak pedagang dan peternak sapi Blora yang sering mendapat pesanan ke luar daerah, seperti Jakarta. Untuk menjaga kondisi Sapi tetap sehat, kerap melakukan pemeriksaan sebelum Sapi di jual.

“Paling sering mendapat pesanan ke Jakarta,” ungkap Kenang kepada suarabanyuurip.com. 

Selain diperiksa secara fisik, juga diberi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) bagi Sapi yang akan dijual keluar daerah. Bahkan, pada H- 3 dan H+2 ada pelaksanaan pemeriksaan hewan qurban seluruh kecamatan di kabupaten Blora secara merata.

Menurut Kenang, sejauh ini belum menemukan adanya Sapi yang berpenyakit. Padahal, setiap sapi yang akan dijual tidak lepas dari pemeriksaan Dinas Peternakan. 

“Beberapa penyakit menular seperti Anthrax, Sura, dan Cacing hati untuk sementara belum ditemukan,” jelasnya

Selain pemeriksaan saat akan dijual, secara rutin juga membagikan obat cacing untuk setiap pedagang Sapi. Populasi Sapi di Blora mencapai 199.557 ekor Sapi.

“Saat ini permintaan fluktuatif, semua Sapi dinyatakan sehat,” pungkas dia. (ams)

Dibaca : 797x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan