Senin, 16 Juli 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Bojonegoro Kembangkan Kemiri Sunan

Editor: nugroho
Selasa, 19 Agustus 2014

SuaraBanyuurip.com - D Suko Nugroho

Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, merencanakan budidaya tanaman Kemiri Sunan pada tahun 2014 ini. Tanaman ini dipilih karena memiliki banyak manfaat salah satunya dapat menghasilkan energi terbarukan yakni berupa biosolar.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bojonegoro, Tedjo Sukomono, mengatakan, tanaman Kemiri Sunan ini akan dikembangkan di areal lahan seluas 200 hektar. Untuk mempercepat penanamannya Pemkab Bojonegoro telah mengajukan anggaran pada perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD-P) 2014 untuk pembelian mesin bor guna proses penanaman.

"Saat ini kita masih melakukan survei lahan untuk menentukan lokasi yang pas dan sesuai," kata Tedjo kepada suarabanyuurip.com, Selasa (19/8/2014).

Tedjo mengungkapkan, tanaman Kemiri Sunan ini memiliki nilai ekonomi jika dikembangkan. Karena selain buahnya dapat menghasilkan bio solar, pohonnya bisa untuk mebeler seperti kayu jati.

Menurut dia, untuk mengolah buah Kemiri Sunan menjadi sumber energi cukup mudah. Yakni dari biji kering diproses menjadi kernel dan dipress untuk menghasilkan minyak mentah, kemudian dilakukan proses pemurnian dengan menggunakan alat lokal buatan sendiri untuk menghasilkan biodiesel.

"Energi ini ramah lingkungan dan bisa menggantikan sumber energi migas yang mulai menipis," kata Tedjo.

Dia menambahkan, kemiri sunan ini juga bisa dipakai sebagai tambahan avtur pesawat. Selain itu limbahnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku perni, cat, bahan pengawet, tinta dan masih banyak lagi.

"Budidaya ini dapat memberdayakan ekonomi rakyat untuk pengentasan kemiskinan dengan tanaman tumpang sari," pungkas dia.(suko)

Dibaca : 701x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan