Bojonegoro Layak Menjadi Geoheritage Migas

Senin, 14 Maret 2016, Dibaca : 976 x Editor : samian

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengundang ahli geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta,  Dr. Ir Jatmika Setiawan, MT, untuk melihat potensi alam di Bojonegoro yang kaya akan kandungan minyak dan gas bumi (Migas).

"Ada beberapa wilayah yang dikunjungi pak Jatmika Setiawan dua hari ini,'' ujar Kepala Dinas ESDM, Agus Supriyanto, Senin (14/3/2016).

Baca Lainnya :

    Lokasi yang dikunjungi dan disurvei diantaranya beberapa objek wisata antara lain di Kedungmaor, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Watu Gandul di Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang,  Sumber Air Panas di Desa Jari, Kecamatan Gondang, lokasi temuan paus purba di Desa Buntalan, Kecamatan Temayang.

    Lokasi lainnya ada di Kahyangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem dan sumur tua di desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan.

    Baca Lainnya :

      ''Hasil survei menyebutkan wilayah Bojonegoro layak menjadi geoheritage migas,'' lanjutnya.

      Geoheritage adalah warisan geologi yang terbentuk secara alami dan memiliki nilai tinggi karena mempresentasikan rangkaian proses geologi yang saling berhubungan sehingga secara keilmuan merupakan bagian penting dari sejarah dinamika bumi.

      ''Seperti minyak dan gas bumi yang banyak ditemukan di beberapa titik di Bojonegoro,'' tukasnya.

      Dari keterangan yang diperoleh, lokasi objek wisata di Bojonegoro memiliki potensi alam yang saling berhubungan dan mampu menghasilkan migas. Diantaranya batu gamping, napal dan pasir. Jika batuan itu berada di dalam perut bumi maka menjadi endapan minyak.

      "Adanya fosil rumah Jinking atau Yuyu Laut kan juga menggambarkan, Bojonegoro dulunya berupa laut dangkal," imbuhnya.

      Pemkab Bojonegoro berharap, dengan penetapan geoheritage migas berdasarkan survei oleh UPN Veteran Jogyakarta ini bisa disahkan oleh Badan Geologi Nasional Kementerian ESDM. Seperti wilayah di
      Yogyakarta yang masuk kawasan wisata alam geoheritage volcano dengan gunung berapinya.

      "Bisa jadi, Bojonegoro satu-satunya kawasan geoheritage migas di Indonesia," pungkasnya. (Rien)

       

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more