Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Bojonegoro Olah Sampah Jadi BBM

Editor: nugroho
Jum'at, 27 Maret 2015
ririn wedia
INOVATIF : Mesin pengolah sampah yang bisa menghasilkan BBM yang dimilik DKP Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bojonegoro, Jawa Timur,  melakukan inovasi dalam mengolah sampah yang jumlahnya terus meningkat. Salah satunya dengan mengolahnya menjadi bahan bakar minyak (BBM).

Pengolahan sampah itu dilakukan DKP di Tempat Akhir Pembuangan Akhir di Desa Banjarjo, Kecamatan Trucuk.

Kepala DKP Bojonegoro, Nurul Azizah, menyampaikan, sampah-sampah tersebut haruslah dikelola dengan baik. Karena jika tidak, akan berdampak langsung pada tingkat pencemaran lingkungan. 

"Maka perlu ada penanganan khusus dan konsisten dari semua pihak," ujarnya. 

Dia menyampaikan, salah satu pengelolaan sampah yaitu mengubahnya menjadi bahan bakar minyak (BBM) yang sudah dilakukan sejak 2014 lalu. Hal ini dikarenakan, volume sampah di TPA Banjarjo menghasilkan 180 kubik perhari dan terus mengalami peningkatan.

Mantan Camat Kalitidu itu menyampaikan, BBM yang akan dibuat dari sampah-sampah tersebut harus terbuat dari bahan pilihan yakni sejenis plastik. Hasil BBM dari sampah ini berupa solar, minyak tanah dan bahan bakar premium atua bensin.

"Memang kualitasnya belum sama dengan solar, namun menurutnya oktan yang dihasilkan cukup bagus." ujarnya.

Nurul menjelaskan, untuk pembuatan BBM ini sampah yang digunakan sampah plastik yang mulanya dibersihkan lalu dihaluskan. Setelah dihaluskan, dimasukkan kedalam tungku atau wadah yang dipanaskan dalam suhu 120 derajat hingga meleleh.

"Dalam proses penyulingan tersebut, akan menghasilkan jenis solar atau minyak tanah. Namun, jika waktu pemanasannya ditambah akan menjadi premium atau bensin," imbuhnya.

Untuk 10 Kilogram sampah plastik akan menghasilkan 5 liter solar, 1,5 liter premium, serta 1,5 liter minyak tanah.(rien)

Dibaca : 914x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan