Rabu, 26 Juni 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Budidaya Kerapu Keramba Apung Menjanjikan

Editor: samian
Kamis, 27 Desember 2018
Ali Imron
MENJANJIKAN : Para nelayan sedang melakukan panen raya kerapu keramba apung di Laut Bancar.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban- Budidaya kerapu keramba apung yang dikembangkan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Tuban, Jawa Timur, memiliki potensi menjanjikan. Modal yang dibutuhkan keramba apung senilai 300 juta rupiah yang terbagi dalam delapan petak, dan yang efektif dipakai hanya tujuh petak.

"Sedangkan satu petak lainnya digunakan untuk proses sortir dan pemisahan bibit," ujar Kepala Diskanak Tuban, Ir. M. Amenan, M.T. kepada suarabanyuurip.com, Kamis (27/12/2018).

Setiap petak yang tersedia dapat menampung 400-500 bibit Kerapu, dengan masa pemeliharaan 6- 7 bulan. Saat panen dapat menghasilkan kurang lebih 140 Kwintal dengan asumsi harga Rp85 ribu/Kg maka akan mendapatkan nilai kotor sekira Rp120 juta.

"Adapun untuk biaya pemeliharaan dan operasional berkisar 50-60 persen," imbuhnya.

Keramba apung yang ada di Bumi Wali merupakan hibah dari Provinsi Jawa Timur pada Tahun 2017 lalu. Sebanyak dua unit yang dihibahkan kepada dua kelompok nelayan Desa Bulu, Kecamatan Bancar.

Kedepan akan direncanakan program bantuan hibah, sebanyak dua unit Keramba apung pada tahun 2019 dari dana APBD Kabupaten Tuban.

Pada Rabu (26/12/2018), Bupati Tuban, H. Fathul Huda bersama istri melakukan peninjauan perkembangan dan melaksanakan panen Budi daya kerapu keramba apung di lepas pantai Kecamatan Bancar.

Hadir dalam kegiatan ini hadir Seksi Produksi Perikanan Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan, Drs. Tadjudin,  Kabid Perikanan dan Budi Daya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim,  Edi Pranoto, UPT Balai Budi Daya Perikanan Situbondo, Kadis Perikanan dan Peternakan,  Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban. (Aim)

Dibaca : 948x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan