Minggu, 26 Mei 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

BUMDes Ngasem Dilatih Kelola Daun Minyak Kayu Putih

Editor: samian
Jum'at, 01 Maret 2019
ist
TINGKATKAN USAHA : Kades Ngasem Suwondo menyambut baik pelatihan yang diberikan PEPC untuk meningkatkan usaha BUMDes.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro – Operator Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru, Pertamina Eksplorasi Produksi Cepu (PEPC) bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ngasem, Kecamatan Ngasem, Kabupaten, Bojonegoro, Jawa Timur, menggarap program pengembangan minyak kayu putih. Kedua belah pihak telah mengadakan kegiatan pelatihan penyusunan rencana usaha BUMDes, bertempat di Balai Desa Ngasem, Jumat (01/03/2019). 

Melalui serangkaian pelatihan bertujuan untuk membangun kapasitas dalam menyusun rencana usaha pengolahan daun minyak kayu putih dan analisa kelayakan usaha. Selain itu juga melatih para anggota BUMDes untuk merumuskan skema yang jelas dari sebuah usaha yang akan dilaksanakan. Sehingga dapat menghindari resiko kerugian, memudahkan perencanaan, memudahkan pelaksanaan pekerjaan, memudahkan pengawasan dan memudahkan pengendalian.

Kegiatan ini akan berjalan selama lima bulan. Anggota BUMDes akan belajar bagaimana mengolah tanaman kayu putih, hingga menyulingnya menjadi minyak kayu putih. 

“Pelatihan ini merupakan langkah awal yang signifikan untuk melatih para anggota BUMDesa mempersiapkan usaha. Sehingga pada pelaksanaannya mereka sudah dapat memprediksi faktor untung ruginya usaha.” ujar JTB Site Office & PGA Manager PEPC, Kunadi, melalui pres rilis yang diterima Suarabanyuurip.com.

Ketua BUMDes Ngasem, Andi Anggono, mengaku, tidak memungkiri ada kekurangan yang perlu dibenahi. Oleh karena itu pihaknya akan berupaya melakukan perbaikan tersebut agar kedepan menjadi lebih baik.

“Semoga apa yang kami harapkan bersema kedepan bisa terwujud,” ucapnya.

Sementara Kepala Desa Ngasem, Suwondo mengaku, optimis pelatihan rencana usaha desa ini dapat memberikan pencerahan kepada anggota BUMDes. Tentunya untuk semakin fokus dalam merencanakan usaha. Selain pengolahan daun kayu putih, BUMDes Ngasem berencana mengembangkan usahanya dibidang perikanan, peternakan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PEPC atas kerjasamanya untuk mengembangkan usaha BUMDes Ngasem,” pungkasnya.(rien)

 

 

Dibaca : 482x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan