Bupati Djoko Nugroho Lantik 125 Kades Baru

Kamis, 19 September 2019, Dibaca : 205 x Editor : samian

Ahmad Sampurno
SIMBOLIS : Bupati Djoko Nugroho menyerahkan berita acara pelantikan kepada kades yang baru dilantik.


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Di tahap ke dua ini, Bupati Blora, Jawa Tengah, Djoko Nugroho, melantik dan mengambil sumpah janji 125 Kepala Desa (Kades) pemenang Pilkades Serentak 2019 yang dilaksanakan 4 Agustus lalu. Sebelumnya pada peringatan HUT Ke-74 RI lalu, bupati juga telah melantik sebanyak 105 kades terpilih dari kalangan petahana.

Hadir dalam pelantikan yang dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, yaitu Wakil Bupati H. Arief Rohman, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Umi Kulsum; jajaran Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, Camat dan para keluarga Kades.

Baca Lainnya :

    Pelantikan dan pengambilan sumpah janji itu, dipimpin langsung oleh Bupati Blora Djoko Nugroho. Dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK) pelantikan dan penyematan lencana jabatan.

    Dalam sambutannya bupati mengucapkan selamat kepada seluruh Kades baru yang dilantik hari ini.

    Baca Lainnya :

      “Sebanyak 105 Kades incumbent yang menang Pilkades Serentak sudah saya lantik saat 17 Agustus lalu. Sekarang giliran Kades baru sebanyak 125 orang kita lantik. Tugas berat sudah menanti, oleh sebab itu segera laksanakan serah terima jabatan dengan pejabat lama secara baik-baik," ucap bupati, Kamis (19/9/2019).

      Menurut dia, ini saatnya bersatu membangun desa masing-masing. Kades baru diminta untuk menjalin komunikasi yang baik dengan Kades lama agar proses estafet kepemimpinan berjalan lancar.

      Disampaikan, bahwa Pelaksanaan APBDes sudah berjalan satu tahun. Dan masih menyisakan waktu tiga bulan untuk menyelesaikan tahun anggaran 2019.

      "Oleh sebab itu, lanjutkan program dari Kades lama dengan baik dan secepatnya susun visi misi pembangunan desa, untuk tahun berikutnya. Gunakan Dana Desa sebagaimana mestinya,” tegas Bupati.

      Bupati juga meminta para Kades baru untuk bersama-sama melaksanakan program-program pengentasan kemiskinan, pencegahan dan penanggulangan stunting, serta pencegahan pernikahan dini.

      “Setelah pelantikan ini, OPD terkait juga akan memberikan pembekalan kepada seluruh Kades. Begitu pula dari Kepolisian serta Kejaksaan, tentang tata cara pengelolaan keuangan agar sesuai dengan aturan perundang-undangan sehingga tidak melanggar hukum,” jelas bupati.

      Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Hariyanto, menyampaikan, bahwa pilkades serentak yang dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus lalu diikuti oleh 242 desa. Namun pelantikannya dilaksanakan sebanyak tiga tahap.

      “Tahap pertama untuk Kades incumbent sebanyak 105 telah dilaksanakan 17 Agustus lalu. Tahap kedua hari ini untuk Kades baru sebanyak 125. Sedangkan sisanya masih ada 12 Kades akan dilantik pada bulan Desember, menunggu habisnya masa jabatan Kades lama,” jelas Hariyanto.(ams)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more