Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Bupati Terima Surat Pengunduran Diri PT SER

Editor: nugroho
Selasa, 14 November 2017

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Suyoto, mengaku telah menerima surat resmi pengunduran diri dari PT Surya Energi Raya (SER) dalam penyandang dana penyertaan saham (Participating Interest/PI) di Lapangan Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru (J-TB).

“Sudah resmi. Kamis kemarin suratnya dikirim kepada saya,” kata Bupati Suyoto kepada suarabanyuurip.com, Selasa (14/11/2017).

Selama ini perusahaan yang dikabarkan milik Surya Paloh itu menjadi penyandang dana Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bojonegoro, PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) di PI Blok Cepu.

“Dengan surat itu, secara resmi PT SER sudah mengundurkan diri dari kemitraan di J-TB,” tegas Suyoto. 

Namun, pihaknya saat ini masih menunggu jawaban dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam menentukan besaran PI di Lapangan Unitisasi Gas J-TB. 

“Belum ada jawaban, PI di JTB pakai aturan lama atau baru, kalau pakai aturan lama harus cari pengganti PT SER sebagai mitra. Kalau yang baru ya otomatis dapat 10 persen itu," imbuhnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Direktur PT ADS, Ganesha Askari, masih enggan berkomentar. Alasannya, tidak ingin berspekulasi terlebih dahulu. 

“Kita lihat nanti ya," ujarnya singkat. 

Data yang didapat suarabanyuurip.com menyebutkan, apabila PT ADS menggandeng PT SER dalam pengelolaan PI di J-TB, maka total biaya yang akan ditanggung adalah sebesar US$1,55 milyar. Dimana besaran PI bagi daerah sebesar 9,2 %, Exxonmobil dan Pertamina EP Cepu mendapatkan 41,4 %, dan Pertamina EP 8%.

Namun jumlah tersebut bisa berubah karena saat ini hak penuh pengelolaannya dipegang oleh Pertamina. Lapangan J-TB ditarget mulai produksi gas pada 2021. Sementara cash call yang ditimbulkan serta proses pengembalianya belum bisa dipastikan.(rien)

 

Dibaca : 172x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan