Minggu, 23 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Polemik Pembebasan Lahan Kilang Tuban

Bupati Tuban Beri Sinyal Mutasi Camat Jenu

Editor: samian
Senin, 09 Juli 2018
Ali Imron
SINYAL MUTASI : Bupati Tuban, Fathul Huda buka suara setelah Camat Jenu didemo warganya.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Usai bertemu di rumah dinasnya pada Sabtu (7/7), Bupati Tuban, Jawa Timur, Fathul Huda, memberi sinyal mutasi kepada Camat Jenu, Midun Riza Moh Maftuchin.

Sinyal ini setelah mantan Camat Bangilan tersebut, didemo ratusan warga Desa Remen dan Mentoso pada Jumat (6/7) di halaman Pendopo Kecamatan Jenu.

“Dalam waktu dekat ada mutasi,” ujar Bupati Fathul Huda, kepada suarabanyuurip.com di gedung DPRD Tuban, Senin (9/7/2018).

Bupati kelahiran Kecamatan Montong ini, akan mempelajari dahulu asal usul surat yang beredar di masyarakat itu seperti apa.

Sayangnya sampai detik ini, pihaknya belum menerima salinan surat pertama yang beredar di publik, maupun pernyataan penggugurannya.

“Kalau saya sudah dapat pasti akan meluruskannya,” janjin Fathul Huda.

Bupati dua periode ini juga enggan membeber ke awak media, terkait hasil pertemuannya dengan Camat Jenu. Intinya hanya kroscek kebenaran surat, pembayaran pembebasan lahan Kilang NGRR Tuban melalui Bank BNI.

Atas kejadian ini, Fathul Huda, meminta semua stakeholder untuk saling memahami. Disatu sisi disampaikan kondisinya adalah palsu. Selailn itu, Bupati belum tahu persis semua yang demo apakah sudah mewakili masyarakat disana.

“Jangan-jangan disana juga sudah ada masyarakat yang transaksi, meski bukan melalui Pertamina dan BNI,” tegasnya.

Apabila mutasi ini dilakukan, tak salah jika Bupati Tuban, Fathul Huda gemar mutasi Camat Jenu. Terlepas adanya proyek Kilang NGRR Tuban, mulai bulan Mei 2017 sampai Juni 2018 sudah ada empat pejabat yang silih berganti menduduki kursi camat.

Catatan Suara Banyuurip, Kecamatan Jenu di akhir tahun 2012 dipimpin Camat Kasmoeri. Kurang lebih lima tahun menjabat, Kasmoeri akhirnya dipersoalkan oleh Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jenu. Untuk meredam situasi, tepat dibulan Mei 2017, Camat Jenu dilukir dengan Camat Kerek yang waktu itu diduduki Rohman Ubaid.

Pelukiran tersebut memang mampu meredam gejolak AKD Jenu, tapi kedatangan Kasmoeri di Kecamatan Kerek sempat ditolak AKD Kerek meski akhirnya diterima. Dalam waktu seumur jagung, tanggal 24 Agustus 2017 Rohman Ubaid kembali masuk daftar mutasi dan dipercaya menjadi Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban sampai sekarang.

Setelah Rohman Ubaid, Sugeng Winarno resmi menjabat Camat Jenu. Mantan Camat Merakurak ini, memiliki waktu cukup lama memimpin Jenu dibanding camat sebelumnya yaitu sekitar 11 bulan. Selama menjabat, Sugeng mulai beradaptasi dan mengawal ketat sosialisasi proyek Kilang patungan Pertamina-Rosneft. Tepat sebelum dimutasi, Sugeng gagal meredam gejolak warga Remen dan Mentoso yang menolak proyek kilang.

Mutasi kembali terjadi pada tanggal 4 Juni 2018. Camat Sugeng karena masa pengabdiannya lama dan masuk kategori camat senior, akhirnya dipindah menjadi Camat Tuban. Sementara Jenu kembali diisi Camat baru yaitu, Midun Riza Mohammad Maftuchin sampai sekarang.(Aim)

 

 

Dibaca : 3104x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan