Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Bupati Tuban Lobi Sendiri Kekurangan Beton Stadion

Editor: nugroho
Senin, 05 November 2018
Ali Imron
KEJAR TARGET : 30 hari waktu pengerjaan stadion Tuban Bumi Wali senilai Rp58 miliar lebih selesai.

SuaraBanyuurip.com Ali Imron

Tuban- Pengerjaan stadion Tuban Bumi Wali di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, sempat terlambat gara-gara kekurangan suplai beton untuk tiang pancang. Tak ingin proyek gagal, Bupati Tuban, Fathul Huda pun turut andil melobi ke sana kemari untuk mencukupi bahan tersebut. 

"Mendengar target pembangunan stadion molor, saya sempat tak bisa tidur," ujar Bupati Tuban, kepada suarabanyuurip.com, Senin (5/11/2018).

Bupati petahana di Bumi Wali ini, mengingatkan kontraktor PT Widya Satria dan pihak terkait untuk segera memangkas keterlambatan pembanhunan Stadion Tuban. Apabila dibiarkan tanpa disadari akan timbul masalah baru, dan akan berdampak pada target penyelesaian proyek senilai Rp58 miliar lebih. 

Bupati kelahiran Kecamatan Montong ini, waktu lalu langsung menelepon pihak Varia Usaha Beton dan Semar Beton. Keduanya diminta mengutamakan Stadion Tuban yang direncanakan menjadi tempat pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-6 tahun 2019 mendatang. 

"Pabrik beton ada di Tuban jangan sampai kurang pasokannya untuk stadion," terangnya. 

Disamping itu, Stadion Tuban harus jadi dan menjadi tempat pembukaan Porprov ke-6. Melihat banyaknya hotel, tempat penginapan dan sarana pranasarana lainnya, KONI harus bekerja keras. 

"Apabila Tuban tak jadi tuan rumah jelas tanda tanya. Profesional KONI juga perlu dipertanyakan," celetuknya. 

Stadion Tuban ditarget rampung pada 5 Desember 2018, artinya masih tersisa waktu 30 hari lagi mengejar target. Dalam waktu singkat tersebut, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein meminta kontraktor mengutamaman kualitas bangunan. 

"Kualitas harus tetap diutamakan," pinta politisi asal Kecamatan Rengel atau sekitar jalur pipa distribusi minyak Blok Cepu. 

Sementara, Kabid Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Zainal Maftuchin, menjelaskan, progres Stadion Tuban ini sudah mencapai 75%. Rumput stadion asal Amerika sudah selesai dipasang. 

Said Manajer (SM) PT Widya Satria, Bambang Usdek, menambahkan kendala tim di lapangan hanya suplai beton dari Varia Usaha Beton dan Semar Beton. Keduanya ternyata banyak melayani permintaan beton di 20 titik. 

"Kemarin Varia sudah dipanggil untuk mengutamakan Spot center. Akan tetapi Varia sudah melayani 20 titik proyek di berbagai daerah," sambungnya. 

Keseluruhan beton yang dibutuhkan di Stadion Tuban ini kurang lebih 5-6 ribu meter kubik. Sedangkan untuk titik tiang pancang sebanyak 901 titik.

Catatannya, dalam pengerjaan proyek puluhan miliar rupiah ini yang paling lama adalah struktur bagian bawah. Sedangkan jika sudah masuk ke bangunan atas, progresnya lebih cepet.

Selama ini kontraktor melakukan pengerjaan pararel secar bersamaan di empat zona. Contoh pekerjaan struktur jalan, lapangan jalan, lintasan air, drainase, lapangan akan dikerjakan bersamaan. 

"Kami optimis awal Desember 2018 rampung. Hampir tiap hari kami istirahat jam 03:00 WIB," terangnya.

Pengurus KONI Tuban, Ratna Juwita Sari, optimis Tuban mampu menjadi tuan rumah di Porprov 2019. Pihaknya akan bekerja keras, supaya ajang olahraga bergengsi tingkat regional mampu mendorong ekonomi masyarakat. 

"Saya optimis, karena pak Bupati sendiri juga ikut melobi," tambahnya. 

Sebatas diketahui, Stadion Tuban ini memiliki kapasitas 25 ribu penonton. Sebanyak 10% atau 2.500 orang ditempatkan di VVIP. Bangku VVIP maupun VIP terdiri dari tiga lantai, sedangkan tribun penonton ketinggan dua lantai. 

Setelah tanggal 5 Desember ST 1, selama enam bulan lagi masuk tahap perawatan oleh kontraktor. Baru kemudian bulan Juni ST 2 ke Pemkab, dan tanggal 6 dan 13 Juli 2019, Stadion Tuban akan digunakan sebagai lokasi pembukaan maupun penutupan Porprov Jatim. (aim)

Dibaca : 1630x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan