Selasa, 18 Desember 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Bupati Tuban Raih Penghargaan Entrepreneur Award 2018

Editor: nugroho
Kamis, 06 Desember 2018
Ali Imron
SIMBOLIS : Bupati Tuban Fathul Huda terima penghargaan Bupati Enterpreuner Award 2018.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Jakarta- Bupati Tuban, Jawa Timur, Fathul Huda menerima penghargaan Bupati Entrepreneur Award 2018 kategori perdagangan (Trade) dari Mark Plus Inc dan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing yang bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). 

Penghargaan ini diserahkan Menteri Koperasi dan UKM, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga pada acara INA (Innovation Network of Asia) Entrepreneur Award 2018 di Glass house, Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Jalan Jendral Sudirman Senayan Kebayoran baru Jakarta Selatan, Rabu, (5/12/2018) kemarin.

INA Enterpreneur Award 2018 dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan Penghargaan kepada Bupati yang dinilai berhasil dalam melakukan inovasi dalam dua pilar utama Pemerintahan, baik kedalam (internal) maupun keluar (Eksternal). 

Selain itu penghargaan tersebut  juga sebagai apresiasi terhadap pola kepemimpinan yang berorentasi pada pengembangan beberapa elemen entrepreneur dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan. Meliputi Inisiatif, pandangan ke depan dan kepekaan (envisioning), berani mengambil resiko dan mengejar peluang (antusiasme), berorientasi pada perubahan dan mendorong inovasi produk dan proses (enlightement), menggunakan pendekatan dari luar ke dalam untuk menemukan dan memanfaatkan peluang baru (experiment) mengejar keunggulan (excellence).

Melalui siaran resmi yang diterima suarabanyuurip.com, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban,  Agus Wijaya menjelaskan keberhasilan Inovasi internal meliputi Kesehatan (health), Pendidikan (Education) dan Kemiskinan (Poverty) serta Inovasi eksternal yang meliputi Pariwisata (Tourism), Perdagangan (Trade) dan Investasi (Investment).

“Sedangkan Aspek penilaian mencakup tiga Variable Utama yaitu Creativity, Innovation dan Enterpreunership," ujar Agus Wijaya, Kamis (6/12/2018).

Mantan Camat Montong ini menambahkan penghargaan ini berhasil diraih setelah melalui penjurian panjang dan melalui proses audiensi langsung serta klarifikasi dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah. Hal tersebut terkait pencapain minimal status tinggi untuk penilaian kinerja oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Adapun Inovasi unggulan Kabupaten Tuban dalam bidang perdagangan adalah Sidang Padi yaitu inovasi dalam pengelolaan Resi Gudang dan Pasar Komoditi," tuturnya. 

Founder and Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kartajaya mengungkapkan pemberian penghargaan melalui beberapa rangkaian kegiatan yang cukup ketat dalam menentukan pemenangnya. Diantaranya sosialisasi kepada anggota APKASI, dilanjutkan pengiriman angket, hingga dikumpulkan kembali angket yang telah di isi kepada panitia. 

“Setelah melalui pengisian angket, masuk pada tahapan peling penting yaitu penilaian oleh tim juri profesional yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu," bebernya.

Bupati Tuban, Fathul Huda mengaku bersyukur dan berbahagia atas penghargaan tersebut. Bupati petahana di Tuban Bumi Wali mengapresiasi Inovasi dan terobosan Resi Gudang dan beroperasinya RMU (Rice Miliing Unit) oleh Dinas Koperindag bersama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti) Kementerian Perdagangan RI. 

Bupati berharap dengan Inovasi ini dapat semakin mengembangkan, dan memberikan manfaat lebih luas dan nilai tambah bagi masyarakat petani dan semakin menggeliatkan sektor perdagangan di Kabupaten Tuban. Kedepan Bupati juga mengingatkan agar terus mepupuk dan mengembangkan empati dan kepekaan terhadap permasalahan yang ada untuk diurai dan ditindaklanjuti dengan upaya kreatif dan inovatif sebagai solusi dengan disertai kecepatan  menangkap  peluang yang ada.

"Semangat enterpreneur ini bisa dimiliki oleh setiap orang sehingga dapat mengembangkan potensi yang ada dan meraih keberhasilan dimasa mendatang," pungkasnya. (aim) 



Dibaca : 140x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan