Senin, 28 Mei 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Cafe QQQ Tak Kantongi Izin Karaoke

Editor: samian
Rabu, 24 Januari 2018
Ali Imron
TAK BERIZIN : Petugas keamanan saat cek lokasi dan pemandu lagu karaoke (baju hitam) menjadi saksi insiden berdarah di Cafe QQQ.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Pasca insiden pembacokan di Cafe QQQ pada Selasa (23/1) malam, rumor adanya karaoke di dalam tempat hiburan tersebut kian santer. Setelah di kroscek di Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PM PTSP dan Naker) Tuban, cafe yang terletak di Jalan Basuki Rahmat dan jaraknya kurang 1 Kilometer (Km) dari kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur, itu dtengarai tidak mengantongi izin karaoke.

"Izin yang kami catat hanya cafe bukan karaoke," ujar Kepala Bidang Perizinan Dinad PM PTSP dan Naker Tuban, Judhi Tresna, ketika ditemui suarabanyuurip.com di kantornya Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Tuban, Rabu (24/1/2018).

Judhi sapaan akrabnya menjelaskan, di tahun 2015 silam cafe tersebut sempat ditutup sementara oleh Satpol PP karena diketahui menyediakan karaoke. Seiring berjalannya waktu, pemilik cafe akhirnya mengurus izin lingkungan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Pada saat itu, Judhi menyampaikan kepada tim bahwasanya Cafe QQQ memiliki karaoke terselubung. Kebetulan pemiliknya juga mengakui hal itu, dan berjanji tidak mengulanginya lagi.

Setelah tim mengunjungi cafe, ada beberapa saran yang harus dipenuhi oleh pemiliknya. Diantaranya ruangannya harus terbuka dan bisa dilihat dari luar, karena konsepnya cafe bukan ruangan tertutup. Ditambah harus mengurus izin minuman beralkohol.

Sesuai aturan Pemkab Tuban, penjualan minuman keras hanya diperbolehkan di hotel, dan pusat hiburan (karaoke) dengan kadar maksimal 5%. Pasca izin lingkungan disetujui DLH, camat, dan lurah, akhirnya izin operasi cafe diberikan oleh pemkab.

"Kami menyanyangkan adanya insiden berdarah semalam," terang pria humanis itu.

Sekarang instansinya hanya menunggu rekomendasi tim. Jika benar Cafe QQQ ini menyalahi aturan, sudah barang tentu izinnya bakal dievaluasi. Samahalnya dengan Hotel Asri in di Kecamatan Rengel, setelah diperingatkan tiga kali akhirnya izinnya dicabut. Sama kasusnya dengan cafe tersebut, apakah Satpol PP sudah pernah memberikan sanksi atau masih bisa dibina.

Pada awal 2017, pemilik cafe juga sempat konsultasi soal perpanjangan izin di Dinas PTSP dan Naker. Dikarenakan habisnya izin cafe bulan April, akhirnya Judhi menolak keinginan pemilik cafe tersebut.

"Sampai sekarang izinnya masih tercatat cafe," tegasnya.

Pria yang bertugas sejak 2014 itu, tak segan mencabut izin cafe jika benar melanggar regulasi. Dengan catatan ada rekomendasi dari tim, salah satunya Satpol PP Tuban.

Dikonfrontir terpisah, Kepala Satpol PP Tuban, Heri Muharwanto, sudah mendengar adanya insiden pembacokan yang melibatkan oknum security cafe sebagai pelaku utama. Ditegaskan pula, Cafe QQQ izinnya hanya resto dan cafe.

"Di dalamnya tidak ada praktik karaoke seperti di Glamour," sergahnya.

Kalau hanya menyediakan fasilitas karaoke, Heri membenarkannya dan hal itu diizinkan selama tidak dikomersilkan dan tidak ada pemandu lagunya (purel). Selain itu, karaoke diperuntukkan hanya bagi yang mau dan itu tidak diruang khusus.

"Di lantai 2 tidak ada sekat karaoke seperti pada umumnya," tegas Heri.

Disinggung apakah di Cafe QQQ menjual minuman keras, Satpol PP tidak pernah menemukannya. Jika ada dan kadarnya melebihi 5%, tentu akan ditindak sesuai regulasi.

Keterangan resmi Kasubag Humas Polres Tuban, Iptu Agus EP, menjelaskan, telah terjadi pembacokan dengan korban Lik IL (45) dan pelakunya oknum Security cafe, berinisial STO asal Kecamatan Kerek. Saksi insiden ini adalah Dewi Fatimah yang berprofesi sebagai pemandu lagu karaoke (purel) Cafe QQQ.

"Parang pelaku mengenai leher korban sebelah kiri sehingga mengakibatkan luka robek pada leher sebelah kiri sepanjang 30 cm, lebar 5 cm, kedalaman 8 cm," pungkas Agus.(Aim)

 

 

Dibaca : 3446x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan