Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Calon Independent Minimal Kantongi 65.170 Dukungan

Editor: nugroho
Senin, 08 Juni 2015

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora, Jawa Tengah, telah menetapkan jumlah dukungan bagi para bakal calon (Balon) Bupati Blora sebagai sarat untuk mengikuti pilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada Desember 2015 mendatang.

Divisi Hukum, Kampanye dan Pencalonan KPU Blora, Hamdun, menjelaskan, untuk bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Blora melalui jalur perseorangan (independent), pasangan bakal calon minimal harus didukung oleh sebanyak 65.170 orang dari jumlah hak pilih.

Dukungan tersebut, lanjut Hamdun, minimal tersebar di 9 kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Blora. Selain itu, dukungan yang diberikan harus disertakan Kartu tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). “Satu KTP satu KK. Artinya, satu orang pendukung harus melampirkan satu lembar KTP dan satu lembar KK, bagi satu orang pendukung,” jelasnya.

Disamping itu juga harus disertai dengan surat pernyataan dukungan. “Jika surat pernyataan dukungan itu terbukti dipalsukan, bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati terancam didiskualifikasi,” tandas Hamdun.

Untuk membuktikan keaslian berkas dokumen, KPU akan melakukan Verifikasi factual dengan cara mengecek atau mendatangi rumah warga yang telah membuat surat pernyataan dukungan, dan sekaligus menanyakan kebenaran dukungan tersebut.

“Verifikasi faktual dilakukan anggota Panitia Pemungutan Suara atau PPS  di desa dan kelurahan,” ujarnya.

Hamdun menambahkan, penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorang Pilkada Blora akan dimulai, pada Kamis hingga Senin (11-15/6/2015) mendatang. Dalam penyerahan dokumen dukungan, pasangan calon perseorangan wajib menyerahkan dokumen dukungan dalam bentuk soft copy dan dan hard copy. (ams)

Dibaca : 699x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan