Rabu, 24 April 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Cegah Kanker Serviks, Dinkes Tuban Sarankan Jaga Pola Hidup

Editor: nugroho
Kamis, 07 Februari 2019
Hidayatul Khoriyah
Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul.

SuaraBanyuurip.com - Hidayatul Khoiriyah

Tuban- Selain melakukan deteksi dini melalui IVA, pola hidup sehat bisa menjadi salah satu upaya mencegah kanker serviks.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Jawa Timur, Endah Nurul kepada suarabanyuurip.com di ruang kerjanya, Kamis (7/2/2019).

Upaya lainnya, lanjut dia, tidak sering menukar pasangan, lebih berhati-hati menggunakan toilet umum dengan melakukan sistem SKS (Siram-Kencing-Siram) sehingga kebersihan terjaga dan virus tidak masuk ke dalam area V.

"Karena uretra perempuan lebih pendek dari uretra laki-laki. Jadi kemungkinan virus yang masuk dapat lebih cepat dibanding ke laki-laki," paparnya. 

Memerhatikan siklus menstruasi juga sebagai upaya pencegahan. Artinya, apabila menstruasi di luar siklus segera melakukan pemeriksaan sehingga dapat di deteksi dini untuk mengetahui ada atau tidaknya kemungkinan kanker serviks.

"Kalau di antara siklus 28 hari itu terjadi pendaharan setelah mestruasi, maka ada kemungkinan terjadi masalah di leher rahim," ucapnya. 

Kanker serviks menyerang kaum hawa dan menjadi penyebab kematian perempuan paling tinggi. Sekalipun kanker payudara paling banyak penderitanya.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Jawa Timur, Nina Soekarwo menyatakan penderita kanker serviks di Jawa Timur meningkat. Hingga 2018, jumlah penderita kanker serviks yang dilakukan pemeriksaan lewat IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) mencapai 534 ribu.

Menanggapi hal itu, Komisi C DPRD Tuban, Astuti mengungkapkan penanganan dan pencegahan kanker serviks masih dalam tahap standar dengan melakukan pemeriksaan dini melalui Papssmear dan IVA.

"Tahun ini kita anggarkan untuk Papsmear sejumlah Rp172.500.000," terang Astuti. (hida) 

Dibaca : 294x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>