Sabtu, 17 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Cegah Penyakit Stroke dengan CERDIK

Editor: samian
Rabu, 31 Oktober 2018
Ina Maghfiroh
Sekretaris Dinkes Tuban, Hj. Endah Nurul K.

SuaraBanyuurip.com - Ina Maghfiroh

Tuban- Stroke dapat dicegah dengan melalui Cek kesehatan rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet, Istirahat cukup, dan Kelola stres (CERDIK). Bertepatan pada 29 Oktober, dimana tanggal tersebut adalah tanggal Hari Stroke Sedunia.

"Lebih banyak Stroke itu disebabkan Hipertensi," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Jawa Timur, Hj. Endah Nurul K, ST, M.Kes, ketika ditemui suarabanyuurip.com di kantornya di Jalan Brawijaya Tuban, Selasa (30/10/2018) keratin. 

Endah sapaan akrabnya, menjelaskan, dari hasil jumlah data Hipertensi yang diperkirakan meningkat perharinya ini masih saja masyarakat tidak mengetahui bagaimana awal terkena dampak gejala Stroke. Diperkirakan pada tahun 2017 untuk Hipertensi ada 28.870, yang mana dibandingkan dengan penduduk Tuban kurang lebih 1,2 juta jiwa.

Di hitung dari tahun ke tahun, ada berapa jumlah yang meninggal dan tidaknya masih tergantung pada penyumbatan juga pembuluh darah yang sudah pecah. Kemudian pecah dari darahnya semakin banyak tentunya semakin berisiko.

Selain itu, dalam penempatan kalau masih di tepi dapat dikatakan masih aman, namun jika sudah dipusat sudah semakin berbahaya.

Adapun faktor penyebab terkenalnya Stroke tidak lain adalah terkenanya Hipertensi. Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi.

"Sekarang malah banyak penyakit yang tidak menular dibandingkan dengan yang menular," tambahnya.

Lebih baik mencegah sebelumnya nanti terkena Stroke, karena Stroke sendiri sebenarnya tidak secara tiba-tiba datang. Sudah ada tanda tapi seringkali disepelekan, misalnya saja kepala terasa pusing.

Ciri pertama dari gejala Stroke yakni Hipertensi. Kalau Hipertensi yang sering dicek minimal satu bulan sekali yang mana dengan kondisi selalu dikontrol maka tidak sampai ada gejala Stroke yang terjadi.

Selama ini yang sering terjadi karena memang Hipertensi nya tidak terkontrol karena pola hidup tidak sehat. Kalau sudah ditemukan gejala yang sedemikian maka harus dibawa ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

"Maka dari itu dari Dinas Kesehatan juga melayani adanya Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) sebanyak 219 yang sudah tersebar di 33 wilayah Puskesmas 20 Kecamatan," jelasnya.

Adanya Posbindu sendiri sudah ada sekitar dua tahun yang lalu. Posbindu seperti halnya Posyandu, namun yang membedakan Posbindu ini untuk penyakit tidak menular. Dikarenakan pada dasarnya penyakit Stroke dapat dicegah dan disembuhkan, selain itu penyakit stroke ini tidak menular.(Ina)

Dibaca : 359x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan