Kamis, 16 Agustus 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Cost Recovery Blok Cepu Diprediksi Turun

Editor: nugroho
Kamis, 09 Agustus 2018
dok/sbu
Direktur PT ADS, Ganesha Askari.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bojonegoro, Jawa Timur, PT Asri Dharma Sejahtera (ADS) memprediksi penggantian operasional migas (cost recovery) Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, menurun. 

"Cost recovery di Blok Cepu sekarang, makin lama makin kecil," kata Direktur PT ADS, Ganesha Askari, kepada Suarabanyuurip.com, Kamis (9/8/2018). 

Penurunan nilai cost recovery tersebut dikarenakan tidak ada lagi investasi di Blok Cepu. Sekarang ini, hanya ada kegiatan operasi saja.

"Jadi, untuk cost recovery dari investasi sudah selesai. Yang ada dari operasi saja dan dibayar selama Blok Cepu produksi," jelasnya. 

Selama ini perusahaan plat merah itu telah membayar cash call untuk biaya operasional di Blok Cepu sekitar USD1 juta per bulan atau kurang lebih Rp12 juta per tahun.

Sedangkan total cash call untuk Badan Kerjasama (BKS) Blok Cepu sebesar Rp250 juta per tahun. Biaya tersebut dari empat BUMD yang terlibat dalam penyertaan modal (Participating Interest/PI) 10% Blok Cepu.

"Cost Recovery kurang lebih Rp12 juta per tahun, kemungkinan menurunnya nanti ya di bawah itulah kira-kira," imbuh pria yang juga sebagai Ketua BKS Blok Cepu. 

Dengan menurunnya cost recovery di Blok Cepu ini, pihaknya berharap pendapatan dari Dana Bagi Hasil (DBH) Migas bisa maksimal dengan estimasi harga minyak mentah dunia seperti sekarang ini yakni USD70 per barel. 

Terpisah, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bojonegoro, Herry Sudjarwo, mengaku, akan berkoordinasi dengan PT ADS untuk mendapatkan data cost recovery di Blok Cepu dari awal investasi sampai saat ini. 

"Kita ingin tahu, total cost recovery yang sudah dikeluarkan untuk Blok Cepu selama ini," pungkasnya.(rien)

Dibaca : 385x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan