Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

CSR JOBP-PEJ Belum Sentuh Masyarakat Bawah

Editor: nugroho
Sabtu, 20 April 2013
edy purnomo
Fild Admin Superintendant JOB PPEJ Hananto Aji

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Realisasi dana Coorporate Social Responsibily (CSR) Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) dianggap kurang mengena dimasyarakat lapisan bawah. Pasalnya program yang diajukan pengelola kegiatan dimasing-masing desa sasaran sekitar lokasi pengeboran migas Blok Tuban lebih didasarkan pada keinginan, bukan kebutuhan.

“Kita rasakan, CSR yang kita gulirkan selama ini belum bisa dirasakan masyarakat hingga kelapis bawah,” kata Fild Admin Superintendant JOB PPEJ, Hananto Aji, kepada sejumlah wartawan dikantornya, Sabtu (20/4/2013).

Dia mencontohkan, seperti program atau pembangunan yang diajukan warga kepada perusahaan kebanyakan berdasar keinginan, bukan atas asas kebutuhan bersama.

“Untuk itu mas, saat ini kita adakan capacity building dari perwakilan beberapa desa sekitar wilayah Tuban,” tambahnya.

Usai pelatihan ini, menurut Hananto, diharapkan peserta bisa membantu perusahaan melakukan identifikasi desa masing-massing. Diantaranya mengenai apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, serta bagaimana melihat potensi ditiap-tiap desa untuk bisa dikembangkan perusahaan.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan bisa membantu masyarakat dalam pengelolaan dana CSR. Baik itu dalam masa pengajuan proposal, pencairan, pelaksanaan dan pengawasan, hingga sampai pada tahap laporan sesuai standart administrasi yang ada.

“Intinya Administrasi juga harus dibenahi, agar bisa sama-sama paham,” tambahnya.

Disebutkan, Capacity Building ini diikuti sekitar 53 peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat, badan permusyawaratan desa (BPD), dan perangkat dari lima desa di Kecamatan Soko dan Kecamatan Rengel. Diantaranya Desa Rahayu, Desa Sumurcinde, Desa Sokosari, Desa Kebongagung, dan Desa Bulurejo. Pelaksanaan dilakukan sekitar dua hari dihotel Tanjung Kodok, Kabupaten Lamongan.(edp)

 

Dibaca : 1190x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan