Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Dana BOS Telat Kepala Sekolah Kelimpungan

Editor: nugroho
Kamis, 29 Januari 2015

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada triwulan pertama tahun 2015 alami keterlambatan. Akibatnya, kepala sekolah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kelimpungan untuk menutup biaya operasional kegiatan sekolah karena harus mencari dana talangan demi menunjang kegiatan sekolah.

Kepala SDN 2 Nglandean, Kecamatan Kedungtuban, Kasnari, mengaku heran dengan keterlambatan dana BOS karena hal itu tidak biasa. Akan tetapi hingga akhir Januari dana itu tak kunjung turun.

“Biasanya pertengahan bulan Januari pada triwulan pertama dana sudah turun,” katanya kepada suarabanyuurip.com, Kamis (29/1/2015).

Kondisi itu memaksanya mencari dana talangan untuk menutupi biaya operasional sekolah. “Sementara kami cari talangan di koperasi dulu,” tegas Kasnari. 

Dia mengaku, belum ada penjelasan dari Dinas Pendidikan terkait dengan keterlambatan turunnya dana BOS. “Kami belum diberi penjelasan dari Dinas,” ujar Kasnari.

Kasnari menjelaskan, bahwa dana BOS turun 4 kali dalam satu tahun. Untuk pencairannya di awal triwulan. "Kami berharap, dana BOS bisa segera turun supaya kegiatan sekolah bisa lancar," pungkasnya.

Serupa juga dialami Kepala SDN 1 Sogo, Kecamatan Kedungtuban, Siti Musrifah. Supaya kegiatan tetap berjalan, pihaknya juga mengaku mencari hutangan, “Kita ngebon dulu untuk operasional sekolah. Kalau tidak gitu, Ya nggak jalan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, semua kepala sekolah di Kecamatan Kedungtuban mengeluhkan dengan kondisi itu. Karena menurut dia, dana BOS sangat berperan penting dalam kelangsungan operasi sekolah.

“Karena semua kegiatan sekolah dibiayai dana BOS,” kata Siti, menjelaskan.

Tidak hanya dilingkungan SD, di tingkat SLTP juga demikian. Dana BOS alami keterlambatan. Kepala SLTP Negeri 2 Kedungtuban, Sri Sumiarsih, mengakui adanya keterlambatan itu.

“Meski demikian kegiatan sekolah tetap berjalan, sekolah tetap mengusahakannya” katanya.

Dari informasi yang dia dapatkan, akan ada sosialisai terkait dengan keterlamatan itu. “Untuk SLTP, dijadwalkan Jum’at besuk,” jelas sumiarsih.(ams)

Dibaca : 941x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan