Rabu, 26 Juni 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

DBH Migas Pendidikan Belum Jangkau Semua Sekolah Rusak

Editor: nugroho
Rabu, 09 Januari 2019
dok/sbu
Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - DPRD Bojonegoro, Jawa Timur, mengakui jika dana bagi hasil (DBH) Migas pendidikan yang diterima pemkab setiap tahun belum mampu menyentuh semua gedung sekolah yang mengalami kerusakan.

Penyebabnya antara besaran DBH Migas pendidikan yang diterima dengan jumlah gedung sekolah rusak tak sebanding. Tahun 2018 dan 2019 jumlah DBH Migas pendidikan sebesar Rp43 miliar.

Sedangkan jumlah lembaga pendidikan dasar yang rusak jumlahnya mencapai ribuan yang tersebar di 28 kecamatan. Baik kerusakan ringan, sedang maupun berat.

"Termasuk kerusakan gedung SDN di Desa Sedahkidul dan Punggur, Kecamatan Purwosari yang belum tercover sampai sekarang," kata Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro, Sally Atyasasmi saat dihubungi suarabanyuurip.com melalui telepon genggamnya, Rabu (9/1/2019). 

DBH Migas pendidikan dikelola oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya. Saat ini, lanjut Sally, sudah dipetakan dimana saja gedung sekolah rusak beserta klasifikasi tingkat kerusakan.

Sehingga nantinya Pemkab Bojonegoro memiliki target kapan keseluruhan perbaikan gedung tuntas. 

"Karena selain DBH Migas pendidikan, ada juga anggaran dari APBD," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya, Welly Fitrama belum memberikan konfirmasi terkait anggaran tersebut. 

Untuk diketahui, dari ribuan gedung sekolah dasar yang rusak, dua SDN yang mendesak untuk dilakukan perbaikan. Yakni SDN Sedahkidul dan SDN Punggur.

Gedung dua lembaga pendidikan yang berada jalur proyek  gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) itu nyaris ambruk. Akibatnya murid-murid terpaksa harus direlokasi ke ruangan lain.

Kerusakan dikarenakan bangunan sudah lama tidak dilakukan perbaikan sehingga mengakibatkan kayu-kayu dibagian atap lapuk.

"Rusaknya sudah lama," ucap Kepala SDN Sedahkidul, Ambarwati.(rien)

 

 




Dibaca : 399x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan