Rabu, 22 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Debit Bengawan Solo Terus Naik

Editor: nugroho
Rabu, 11 Februari 2015
ahmad sampurno
TERUS NAIK : Debit air Sungai Bengawan Solo terus naik karena didaerah hulu terjadi hujan lebat.

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Debit air Sungai Bengawan Solo terus mengalami tren kenaikan. Meski demikian, potensi terjadinya banjir di wilayah Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah masih sangat kecil.

Sampai dengan Rabu (11/2/2015) siang, kondisi Bengawan Solo di wilayah Cepu masih terpantau normal. Sesuai mitigasi yang dilakukan PMI Blora, debit air Bengawan Solo wilayah Cepu naik sekira 50-100 Centimeter. Jarak air samai bibir tanggul sekitar 2-3 meter.

“Di seluruh wilayah Kecamatan Cepu, mulai Desa Gadon sampai dengan Jembatan Cepu, terpanatu normal. Tapi arus sangat deras,” kata Staf Bidang Penanggulangan Bencana PMI Blora, Agung Triyono, 

Namun, kondisi tersebut perlu diwaspadai terjadinya gerusan pada bibir sungai yang berpotensi terjadinya longsor. “Utamanya di wilayah Desa Sumberpitu dan Desa Nglanjuk,” ujar Agung, mengungkapkan.

Dia menambahkan, bahwa bengawan solo, masih berpotensi alami kenaikan hingga sore hari. Berdasarkan informasi yang dia terima dari wilayah Wonogori (lokasi bendungan Waduk Gajah Mungkur), pagi tadi telah dibuka 2 pintu setinggi 100 centimeter.

“Mungkin debit air akan alami kenaikan hingga 7 jam,” jelasnya.

Namun, kata Agung, info terakhir yang dia terima dari Solo, pintu air Sangrah yang merupakan pintu air anak Sungai Bengawan Solo aliran dari Solo Kota telah dibuka 4 pintu. Hal itu dilakukan untuk mengurangi debit air yang tinggi akibat hujan yang mengguyur Solo dua hari terahir.

“Potensi terjadinya banjr di wilayah Cepu masih kecil. Tapi masyarakat harus tetap waspada karena hujan masih terus mengguyur beberapa wilayah yang dilalui Bengawan Solo," pesannya.

Senada disampaikan Kepala Satpol PP Cepu, Dahlan. Sesuai hasil pantaunnya, dengan kondisi Bengawan Solo saat ini, Cepu masih aman dari banjir.(ams)

Dibaca : 1055x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan